Sumut Today

Satgas TMMD Kodim 0212/TS Datang, Rakyat Senang

SumutDaily | Tapsel ~ Personel Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0212/TS ditempatkan di rumah-rumah penduduk. Selama pelaksanaan program berlangsung, seluruh prajurit yang terlibat diwajibkan tidur dan makan di rumah-rumah penduduk di lokasi sasaran. Skema ini dilakukan untuk menyenangkan hati rakyat, karena kesejahteraan mereka meningkat.

Langkah ini dilakukan, selain untuk lebih mendekatkan TNI dengan Rakyat, juga dimaksudkan untuk membantu perekonomian warga pada rumah yang ditempati prajurit. Karena, prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD Kodim 02012/TS, dibekali uang makan selama melaksanakan tugas.

“Skema ini memang untuk mewujudkan kemanunggalan dan kebersamaan serta rasa kekeluargaan antara TNI dengan Rakyat. Sehingga kesejahteraan masyarakat lokasi sasaran bisa meningkat,” katanya.

Sedangkan mekanisme penetapan lokasi sasaran TMMD, menurut Letkol Arm Azhari yang juga Dandim 0212/TS, adalah dengan sistem bottom up plainning. Metode perencanaan ini melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat, dan secara berjenjang penetapannya diawali dari kegiatan musyawarah di tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten.

“Dengan bottom up planning ini,diharapkan proses pembangunan di lokasi sasaran akan memberikan dampak positif bagi pembangunan wilayah,” jelasnya.

Pelaksanaan program TMMD Kodim 0212/TS ini secara nyata mendapat apresiasi luar bisa dari warga masyarakat, terutama di wilayah sasaran kegiatan. Seperti diutarakan Mangaraja Tenggar, misalnya. Pria 75 tahun ini memuji program TMMD yang dulunya masih bernama AMD.

“Kemanggulan TNI-RAKYAT tetap satu dan selalu terpupuk terus mulai dari masa perebutan kemerdekaan hingga kini. Karenanya, kami (rakyat) siap bergotong royong untuk membangun daerah,” tegasnya.

Hadir di acara itu, antara lain Pa Ahli Kodam I/BB, Kolonel Inf M Simorangkir, Danrem 023/KS, Kolonel Inf Donni Hutabarat yang diwakili Letkol Inf TP Lobuan Simbolon, Dandim 0213/Nias, Letkol Arm E Gultom, Kapolres Tapsel, para pimpinan SKPD Pemkab Tapsel, elemen masyarakat, dan para pelajar. (sdc/penrem 023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *