Sumut Today

Kodim 0208/Asahan Gelar Nobar Film Pengkhianatan G 30 S PKI

SumutDaily | Asahan ~ Pemkab Asahan dan Kodim 0208 menggelar nonton bareng film G 30 S PKI di alun-alun Rambate Rataraya, Kisaran, Sabtu (30/9/2017) malam. Nobar dihadiri ribuan masyarakat Asahan.

Dandim 0208 Asahan Letkol Suhono mengatakan kepada awak media acara tersebut merupakan puncak nobar yang digelar Kodim 0208/AS. Acara nobar telah dilakukan sejak Kamis (21/9/2017) di wilayah teritorial Kodim 0208/AS, yaitu Kabupaten Batubara, Asahan dan Kota Tanjungbalai. 

Dalam sambutannya, Dandim mengungkapkan, acara tersebut bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat khususnya generasi muda tentang sejarah kelam bangsa Indonesia, dimana 7 Jenderal TNI AD diculik dan dibunuh. Kemudian PKI berencana untuk mengubah Pancasila sebagai dasar negara RI menjadi paham komunis.

"Melalui pemutaran film ini, generasi muda akan mengetahui tentang pengkhianatan PKI pada masa itu. Diharapkan, rasa nasionalisme masyarakat akan tumbuh dan meningkat," kata Dandim. 

Di tempat yang sama Wabup Asahan Surya mengimbau kepada masyarakat supaya mewaspadai gerakan komunis. Sesuai dengan Ketetapan MPRS Nomor 25 Tahun 1966 tentang pembubaran PKI, bahwa segala hal yang berbau komunis adalah terlarang. 

"Kesadisan dan pengkhianatan PKI pada masa lalu adalah nyata. Saya sendiri, sempat mengalami masa masa kelam itu, pada saat kelas 4 setingkat SD (sekolah dasar). Melalui acara ini, kita harapkan sejarah kelam bangsa Indonesia tidak akan terulang," katanya. 

Acara nobar itu turut dihadiri Komandan Kodim 0208/AS Letkol Suhono, Wakil Bupati Asahan Surya, dan sejumlah Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),Ormas, Okp, Tokoh Pemuda,Tokoh Agama dan Masyarakat. (Azhar Nasution) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *