Sumut Today

Pra TMMD Kodim 0206/Dairi, Menyulap Bukit Menjadi Jalan

SumutDaily | Dairi ~ Desa Perpulungan, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Barat, Sumatera Utara, selama ini dikenal sebagai desa tertinggal. Alasan itulah yang membuat desa ini terpilih menjadi target lokasi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 Kodim 0206/Dairi Korem 023/kawan Samudera (KS).

Sarana jalan masih sangat minim di desa ini, sehingga pembuatan jalan menjadi target prioritas pelaksanaan TMMD Kodim 0206/Dairi. Tidak hanya minim sarana jalan, medan yang berbukit-bukit membuat warga kesulitan untuk melakukan aktivitas sebagai petani. Terutama untuk mengangkut hasil kebun.

Melalui TMMD, Kodim 0206/Dairi menargetkan pembuatan badan jalan sepanjang 6.000 meter dengan lebar 8 meter. Pembuatan badan jalan ini bukan perkara mudah. Pasalnya, perencanaan pembuatan badan jalan sebagian di antaranya melintasi perbukitan. Mau tidak mau, bukit tersebut dibelah agar badan jalan yang dibangun benar-benar sesuai peruntukan.

"Kita tidak ingin pembuatan badan jalan ini menjadi pekerjaan mubazir. Setelah dibuat, warga pun enggan melintasinya karena berada di wilayah perbukitan. Untuk itulah kita harus membelah perbukitan," kata Dandim 0206/Dairi Letkol Inf Jatmiko Irianto SE melalui Pasiter Anahar Jusar.

Untungnya, kata Dandim, masyarakat sangat mendukung pelaksanaan TMMD Kodim 0206/Dairi, sehingga pengerjaan badan jalan bisa dilakukan secara bergotong royong dengan warga desa. "Sebenarnya itulah tujuan dilakukannya TMMD yaitu agar kebersamaan TNI dan rakyat semakin erat. Selain itu kita juga ingin membuktikan bahwa TNI harus menjadi garda terdepan dalam pembangunan kawasan tertinggal," kata Dandim.

Pantauan lokasi di lapangan, pemotongan bukit mengerahkan satu unit alat berat. Selain itu, para prajurit Kodim 0206/Dairi bersama warga juga membantu menggunakan cangkul dan peralatan sederhana lainnya. (sdc/penrem 023/ks)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *