Sumut Today

Ikuti Pelatihan, Ini Pesan Danrem 023/KS Kepada Personel Intel

SumutDaily | Sibolga ~ Komandan Korem (Danrem) 023/Kawal Samudera (KS) Kol Inf Donni Hutabarat berpesan kepada seluruh personel Satuan Intelrem agar dapat terus meningkatkan kemampuan kemampuan, sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar. Pesan itu disampaikan Danrem 023/KS dalam pembukaan pelatihan teknis/taktis intel di Aula Makorem 023/KS Jalan Datuk Itam No. 1 Sibolga, Senin (18/9/2017).

Pelatihan yang dibuka Kasrem 023/KS Letkol Inf Nelson Rajagukguk mewakili Danrem itu berlangsung selama lima hari, mulai 18 sampai 22 September 2017. 

Dalam amanatnya, Danrem 023/KS menjelaskan, pelatihan teknis/taktis ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan intelijen, sehingga personel intelijen jajaran Korem 023/KS dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar.

“Tujuan lain dari pelatihan ini adalah untuk membentuk kemampuan standar dalam penjajakan serta tugas-tugas intelijen, terjaminnya mekanisme kerja antarsatuan intel, terbentuknya jaringan intelijen secara sistematis dan terujinya penguasaan kemampuan standar dalam meningkatkan taktik maupun teknik intelijen serta terujinya keakuratan dalam persepsi ancaman sesuai perkiraan keadaan intelijen,” beber Danrem 023/KS.

Dikesempatan itu, Danrem 023/KS juga mengingatkan personel intelijen untuk mampu menganalisa, mengantisipasi, serta memprediksi setiap perkembangan situasi, dan kondisi aktual yang terjadi di wilayah.

“Dengan pemahaman tugas pokok intelijen ini, maka setiap personelnya harus mampu melakukan perencanaan dan koordinasi yang baik di lapangan guna optimalisasi pelaksanaan tugas dengan baik dan benar sesuai prosedur yang dipedomani,” pesan Danrem 023/KS.

Danrem 023/KS berharap para pelatih dan peserta bisa bersungguh-sungguh dan serius dalam melaksanakan latihan teknis/taktis tim intelijen Korem 023/KS ini.

“Pedomani materi dan pelatihan yang diberikan, sehingga dapat dipahami untuk kemudian mempraktikannya dengan membuat perencanaan, persiapan, pelaksanaan kegiatan operasi penyelidikan, pengamanan, penggalangan dan administrasi intelijen,” urainya.

Danrem 023/KS juga meminta personel intelijen yang mengikuti pelatihan ini nantinya mampu memahami mekanisme kerja, mulai dari analisa tugas hingga pada penyampaian produk intelijen dalam bentuk laporan, dan mampu merekrut dan memanfaatkan jaring intelijen sebagai bapulket (badan pengumpul keterangan).

Sementara, koordinator latihan teknis/taktis tim intelijen Korem 023/KS, Letkol TP Lobuan Simbolon yang juga Kasiops Korem 023/KS berharap, pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman para prajurit intelijen.

“Dengan pelatihan ini, tidak hanya pengetahuan pesertanya yang bertambah, tetapi kemudian dapat pula mengimplementasikannya di lapangan saat bertugas dengan harapan pelaksanaannya berhasil dengan maksimal,” katanya. (sdc/penrem 023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *