Kesehatan

Walikota Medan Berharap PDGI Mengedukasi Masyarakat Tentang Kesehatan Gigi

SumutDaily | Medan ~ Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi meresmikan Sekretariat Tetap Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Medan di Jalan Abadi Komplek Harmoni, Sabtu (26/8/2017). Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti, pelesapan balon, serta pemotongan pita gedung Sekretariat PDGI.

Usai pemotongan pita, Walikota Medan meninjau gedung Sekretariat PDGI yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas peralatan kesehatan gigi. Kegiatan peresmian gedung ini dirangkaikan dengan Bakti Sosial berupa donor darah, pemeriksaan gigi gratis, pemeriksaan kulit gratis kepada ratusan masyarakat di lingkungan sekitar.

Dalam kesempatan tersebut Walikota menyerahkan bantuan berupa kursi roda, kaca mata baca dan makanan pengganti susu bagi anak secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dikatakan Walikota, PDGI sebagai organisasi para dokter gigi tentu memiliki tujuan yang dituangkan melalui program-program, dimana program tersebut diharapkan akan mampu menaikkan derajat kesehatan gigi masyarakat khususnya di kota Medan. Oleh Sebab itu Walikota berharap PDGI semakin menyentuh masyarakat luas dengan berbagai gerakan dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang kesehatan gigi.

"Selama ini kesehatan gigi dan mulut sering dikesampingkan, padahal gigi dan mulut adalah tempat masuknya asupan gizi ke dalam tubuh. Selain itu penyakit di daerah mulut juga sama bahayanya dengan bagian tubuh lainnya. Untuk itu diharapkan sosialiasi yang semakin gencar dapat PDGI lakukan. Kita ajak masyarkat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut melalui program rajin kumur-kumur dan sikat gigi", katanya.

Selanjutnya Mantan Wakil Walikota dan Sekda Kota Medan ini mengucapkan selamat atas diresmikannya gedung sekretariat tetap PDGI cabang Medan serta kegiatan bakti sosial.

"Pemko Medan juga mendukung untuk melancarkan berbagai gerakan kesehatan gigi masyarakat. Untuk itu melalui peresmian gedung ini, saya yakin akan lahir pemikiran-pemikiran tentang bagaimana memberikan informasi dan layanan kesehatan gigi yang berkualitas kepada masyarakat", kata Walikota.

Sementara itu Ketua PDGI Sumut Drg. Syaiful Anwar Nasution mengaku bangga karena sampai saat ini baru PDGI Cabang Medanlah yang mempunyai sekretariat tetap wilayah Sumatera Utara. Syaiful Anwar berharap kedepan seluruh pengurus cabang bisa segera mengambil langkah yang sama.

Sebelumnya Ketua PDGI Cabang Medan Drg. Meriah U. Sembiring menyatakan komitmennya bersama pengurus lainnya bahwa PDGI Cabang Medan yang saat ini terdiri dari 1200 Dokter Gigi yang tersebar di seluruh puskesmas, rumas sakit dan klinik praktek di Kota Medan bahwa senantiasa akan membantu Pemko Medan dalam memberikan layanan informasi kesehatan gigi kepada masyarakat Kota Medan.

“Kita siap mendukung program Pemko Medan yang ingin meningkatkan kualitas kesehatan hidup masyarakat,” ujarnya.

Turut hadir pada acara tersebut Koordinator Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) Drg. Anita, Asisten Adiministrasi Umum, Ikhwan H. Daulay, Camat Medan Sunggal, Indra M. Matondang. (sdc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *