Sumut Today

Demi Kelancaran Idul Adha, Kapolda Usul Tol Fungsional Digunakan

SumutDaily | Medan ~ Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw didampingi Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Agus Andrianto, Pejabat Utama Polda Sumut dan Kapolres sejajaran Polda Sumut mengikuti video conference (vidcon) bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian terkait Kesiapan Pengamanan Idul Adha, bertempat di ruang vidcon Lantai IV Mapolda Sumut, Rabu (23/8/2017).

Dalam vidcon tersebut, Kapolri menyampaikan beberapa penekanan diantaranya agar jajaran dapat mengantisipasi kontijensi yang akan terjadi menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari Jumat (1 September) dan biasanya akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk libur panjang.

"Untuk itu perlu diantisipasi kelancaran arus lalu lintas terkait arus mudik serta arus balik masyarakat," ujar Tito.

Tingginya permintaan masyarakat akan pangan juga menjadi perhatian Kapolri untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga atau inflasi serta kelangkaan bahan pangan.

Kemudian, Kapolri mengantisipasi meningkatnya aksi  terorisme menjelang Hari Raya Idul Adha mengingat sudah ada 18 orang di Bandung yang ditangkap oleh Densus 88 terkait ancaman teror.

"Antisipasi rangkaian perayaan Idul Adha yang akan dimulai dengan takbir keliling dilanjutkan Shalat Idul Adha keesokan paginya, pemotongan hewan qurban serta pembagian hewan qurban perlu mendapatkan perhatian ekstra. Antisipasi pula keramaian di tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi masyarakat," tegas Tito.

Kapolri menginginkan agar seluruh stake holder di setiap wilayah merapatkan barisan guna kesiapan pengamanan Idul Adha serta seluruh personil untuk meningkatkan body sistem.

Dalam vidcon tersebut, Kapolda Sumut turut menyampaikan usul kepada Kapolri dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kemenpupera RI) agar jalan Tol Medan-Tebing Tinggi dan Medan-Binjai untuk digunakan sementara guna mengurangi kemacetan menjelang hari raya Idul Adha. 

Selesai kegiatan vidcon, Kapolda Sumut menyampaikan untuk dilakukan pertemuan kembali guna membahas persiapan Pengamanan Idul Adha di wilayah Provinsi Sumut. 

Turut hadir dalam vidcon tersebut yaitu Ery Widiastono GM Mor I Pertamina, Jinto Sirait Jasa Marga Kualanamu Tol, Iwan Rosa Putra Jasa Marga Medan Belmera, Pabanlat Mayor Inf Ely Asyer Sitompul mewakili Asops Kodam, serta Regi SP Jaya Kabag Asuransi Jasa Raharja. (sdc) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *