Ekonomi

Pusat Pasar Medan Bakal Jadi Pasar Pariwisata

SumutDaily | Medan ~ Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mendukung Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Medan menjadikan seluruh pasar tradisionil yang ada menjadi pasar modern dan benar-benar menjadi tempat  representatif untuk transaksi jual beli. Untuk itu seluruh jajaran PD Pasar diharapkan terus bekerja keras, melakukan inovasi, makin berwibawa dan melakukan pengelolaan secara profesional.
                
Dukungan ini disampaikan Walikota  yang diwakili Sekda Kota Medan, Ir H Syaiful Bahri Lubis ketika menghadiri HUT PD Pasar Kota Medan ke-24 tahun 2017 sekaligus HUT Kemerdekaan Repbulik Indonesia ke-72 tahun 2017 di seputaran Pasar Petisah Medan, Senin (14/8/2017).
                
“Dengan kemauan dan kerja keras, saya yakin seluruh jajaran PD Pasar dapat menjadikan seluruh pasar tradisionil yang ada di Kota Medan menjadi pasar modern. Selama ini pasar tradisionil yang ada kesannya becek, kumuh dan selalu menjadi biang kemacetan sehingga membuat masyarakat kurang nyaman belanja,” kata Sekda.
                
Dengan usianya yang telah memasuki 24 tahun, Sekda yakin berbagai permasalahan, peluang dan tantangan telah dilalui sehingga semakin mendewasakan PD Pasar. “Pengalaman itu tentunya membuat PD Pasar beserta seluruh jajaran semakin berwibawa dan mengelolanya secara profesional.  Insya Allah keinginan menjadikan seluruh pasar tradisionil yang ada menjadi pasar modern dapat terwujud,” ungkapnya.
                
Untuk itulah melalui momentum perayaan hari ulang tahunnya ini, mantan Kepala Bappeda Kota Medan itu berpesan agar seluruh jajaran PD Pasar terus meningkatkan rasa kebersamaan dan merekatkan semangat kekeluarga guna memajukan perusahaan yang menangani seluruh pasar tradisionil di Kota Medan.
                
“Yang lebih penting lagi bekerja keras dan ikhlas serta melaksanakan seluruh tugas yang diamanahkan dengan penuh rasa tanggung jawab. Tanpa kerja keras, kebersamaan dan tanggung jawab, mustahil PD Pasar bisa menjadi perusahaan yang maju dan berkembang ke depannya,” ungkapnya.
                
Selanjutnya, Sekda berpesan dalam upaya memajukan PD Pasar, jajaran direksi dan karyawan harus senantiasa merangkul seluruh pedagang. Dengan demikian setiap kebijakan yang diambil selalu mengakomodir kepentingan para pedagang. “Jika hubungan dengan pedagang terbangun dengan baik, pasti seluruh program PD Pasar dalam upaya memajukan pasar mendapat dukungan penuh dari para pedagang,” pesannya.

Sebelum perayaan puncak HUT PD Pasar ini digelar, serangkaian kegiatan telah dilakukan seperti seminar, bazar kuliner dan sandang, pertandingan olahraga serta aneka perlombaan yang tujuan utamanya semakin mempererat tali silaturahmi dan rasa kebersamaan di seluruh jajaran PD Pasar.  
Sedangkan puncak acara diisi dengan hiburan, tari-tarian, pemotongan nasi tumpeng, atraksi pencak silat yang cukup mengagumkan serta pemberian santunan kepada anak yatim.
                
Dirut PD Pasar, Drs Rusdi Sinuraya dihadapan Sekda menyampaikan keinginannya untuk merubah image 53 pasar tradisionil di Kota Medan yang selama ini terkesan kumuh, becek dan macet menjadi pasar modern dan representatif sehingga masyarakat yang datang merasa tenang dan nyaman dalam melakukan transaksi jual beli.
                
Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan hal itu, Rusdi mengaku pihaknya sebelum melaksanakan perayaan puncak ini telah menggelar seminar dengan mengundang para pedagang dan mendatangkan sejumlah nara sumber. 
“Dalam seminar ini, kita ingin mencari solusi untuk menjadikan seluruh pasar tradisionil yang ada menjadi pasar modern,” jelas Rusdi.
                
Selain itu tambah Rusdi lagi, PD Pasar juga berencana akan membuat pasar digital (online) untuk menjawab keinginan masyarakat yang saat ini cendrung berbelanja secara online.  Rusdi yakin jika itu tidak cepat disikapi, pedagang yang selama ini bertahan berjualan di pasar-pasar tradisionil akan tergerus dan penghasilan mereka terus berkurang.
                
“Dengan keberadaan pasar online nanti, para pedagang tidak hanya berkutat di kios-kios yang ada, mereka bisa melakukan transaksi jual beli melalui handphone. Di samping itu melalui pasar digital nanti, kita juga akan membantu market para pedagang sehingga omset mereka tetap baik,” paparnya.
                
Di samping pasar digital, Rusdi juga menyampaikan rencananya untuk menjadikan Pusat Pasar sebagai Pasar Pariwisata. Artinya, wisatawan yang datang bisa langsung belanja untuk membeli kuliner khas Kota Medan dengan mengendarai mobil masuk dalam pasar tersebut. Sedangkan yang terakhir, ingin menjadikan Pasar Petisah sebagai ikon Kota Medan.
                
“Selama ini keberadaan Pasar Petisah sudah sangat terkenal. Aneka pakaian dan tas mulai harga Rp.5.000 sampai Rp.50 juta ada di jual di situ.  Dengan pengelolaan yang lebih baik lagi, saya optimis Pasar Petisah bis amenjadi ikon Kota Medan,” ujarnya optimis.
                
Perayaan puncak HUT PD Pasar ini turut dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Medan, anggota DPD RI dan DPRD Medan, mantan pimpinan PD Pasar yakni Sofian Siregar dan Benny Harianto Sihotang, pimpinan SKPD, camat, pimpinan Kantor Cabang Medan I Bank Sumut, Syafrizal Syah, investor PD Pasar serta organisasi pedagang. (sus/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *