Politik

Hadapi Pilgubsu, Pemko Medan Siap Berikan Fasilitas

SumutDaily | Medan ~ Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kota Medan Ceko Wakhda Ritonga, SH menjadi narasumber talkshow dengan tema Persiapan Pilgubsu 2018 di Kantor KPU Kota Medan, Senin (14/8/2017).

Talkshow yang disiarkan secara langsung oleh Radio Sindotrijaya FM juga mengundang narasumber lainnya diantaranya Komisioner KPU Sumut, Penget Silitonga, dan Ketua KPU Kota Medan, Herdensi Adnin.

Dalam kesempatan itu, Ceko mengatakan tugas Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam setiap pemilihan kepala daerah sudah disesuaikan dengan regulasi yang ada pada UU No 15 tahun 2011 tentang penyelenggaraan pemilihan umum. Adapun tugas tersebut mencakup memberikan bantuan fasilitasi kepada unsur penyelenggara Pilkada baik kepada KPU maupun Panwaslu. Disamping itu, Pemko Medan juga memberikan fasilitas berupa penugasan personil mulai dari tingkat kota hingga kelurahan. Artinya bila KPU memerlukan personil PNS maka akan disiapkan.

Selain itu juga ada fasilitas ruangan yang disediakan untuk pelaksanaan sosilisasi serta membantu kelancaran pengiriman logistik.

"Semua fasilitas ini kita berikan kepada mereka sehingga Pilkada dapat berjalan lancar." kata Ceko.

Sementara untuk sosialisasi Ceko menjelaskan bahwa Pemko Medan melalui Badan Kesbangpol Kota Medan telah turun langsung ke masyarakat untuk melakukan dialog dengan masyarakat, sehingga diyakini masyarakt pasti sudah mengetahui tentang penyelenggaraan Pilgubsu tersebut.

Tidak hanya itu saja, sosialisasi juga dilakukan oleh Dinas Kominfo Medan melalui media massa dan baliho

"Sosialisasi sudah kami lakukan, kami yakin masyarakat pasti mengetahuinya, namun hanya saja masyarakat terkadang tidak mau memenuhi dan menggunakan haknya untuk memberikan suara," ujar Ceko.

“Terutama target utama kita salah satunya adalah mengarahkan para pemilih pemula sebagai pemilih potensial agar mereka dapat menggunakan hak suaranya dengan baik,” sambungnya.

Sementara itu Penget silitonga selaku komisioner KPU Sumut mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan salah satunya persiapan sosialisasi, penyiapan anggaran, dan persiapan teknis. 

"Diharapkan Agustus ini kita sudah memulai tahapan untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat Kabupaten/Kota di Sumatera Utara," ungkap Penget.

Di tempat yang sama Herdensi Adnin selaku Ketua KPU Medan akan berusaha meningkatkan jumlah pemilih, sehingga diharapkan partisipasi pemilih dapat meningkat di pilgub mendatang.

"Upaya yang dilakukan dengan melakukan pendidikan bagi pemilih di basis-basisnya hingga ketingkat lingkungan," tutupnya. (sdc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *