Pendidikan

Forum Anak Asahan Raih Penghargaan Anak Terinovatif se Indonesia

Sumutdaily | Asahan ~ Budi Santoso (18) siswa SMA Negeri 1 Kisaran dan Rahmi Aqilia (17) siswa SMA Negeri 2 Kisaran mewakili Forum Anak Asahan yang datang ke Pekanbaru Riau pada pelaksanaan Hari Anak Nasional tanggal 19-23 Juli 2017 lalu berhasil meraih Dafa Award untuk kategori Forum Anak Terinovatif se Indonesia.  

Penghargaan tersebut langsung diserahkan  oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), kepada putra putri  Asahan ini yang masih duduk sebagai pelajar di SMA Negeri KIsaran. Mereka datang mewakili 33 Kabupaten Kota di Sumatera Utara dan hanya Budi dan Rahmi yang meraih penghargaan tersebut untuk kontingen Sumut.

"Alhamdulillah, penghargaan ini berhasil kami bawa pulang ke Kabupaten Asahan. Sebenarnya ada 12 penghargaan (award) yang diperebutkan dari Kementrian PPPA namun untuk kontingen Sumatera Utara hanya dari kami yang bisa meraihnya,” kata Budi kepada wartawan, Sabtu (29/7).

Diapun menambahkan, Dafa Award adalah salah satu dari dua belas kategori penghargaan yang diberikan Kementrian PPPA untuk anak anak Indonesia yang terpilih mewakili daerahnya. Sebelum menjadi perwakilan anak yang berangkat dalam acara Hari Anak Nasional di Pekanbaru mereka terlebih dahulu mengikuti seleksi tingkat provinsi yang diikuti sekitar 600 orang anak.

"Dalam tahapan seleksi terpilihlah 30 orang anak yang mewakili Sumatera Utara dari seluruh Kabupaten Kota untuk mengikuti Hari Anak Nasional,”ujarnya.

Sebelumnya, Budi dan Rahmi tergabung di Forum Anak Nasional Kabupaten Asahan  bentukan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Perlindungan Perempuan dan Anak.

Budi mengatakan, saat ini banyak anak anak Asahan yang berprestasi namun tidak diberdayakan dengan baik termasuk ketersediaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan dalam mengupayakan program yang mendukung anak .

“Misalnya kawasan ramah anak, pemerintah minim perhatiannya untuk menjamin hak hak anak,”ujarnya.

Untuk itu kedepan, melalui  Forum Anak Nasional di Kabupaten Asahan komunitasnya akan melaksanakan  kegiatan jambore anak Asahan yang rencananya bakal digelar bulan Agustus mendatang. (Azhar Nasution ) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *