Pendidikan

Begini Cara Puskesmas Gambir Baru Ajarkan Kebersihan Pada Siswa

Sumutdaily | Asahan ~ Puskesmas Gambir Baru Kecamatan Kota Kisaran Timur melakukan sosialisasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada para pelajar SD Swasta Cokroaminoto Kisaran Kecamatan Kota Kisaran Timur. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagian dari kampanye kami untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan kita semua," kata  Kepala Puskesmas Gambir Baru  Kecamatan Kisaran Timur dr Minerva Sibarani.

Ia mengatakan, PHBS menjadi salah satu agenda khusus dari dinas kesehatan, apalagi sejalan dengan program pemerintah  Kabupaten Asahan. Selain itu mereka juga mengajak para siswa dan guru menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

"Untuk menciptakan iklim lingkungan sekolah yang sehat perlunya seluruh sekolah melaksanakan pendidikan kesehatan, UKS, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat," katanya.

Ia juga mengatakan, untuk mensukseskan hal itu, Dinkes Asahan juga telah menggerakkan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se Asahan dalam melakukan sosialisasi dan pelatihan di sekolah-sekolah.

Para petugas puskesmas ini selanjutnya menerangkan kepada para siswa tentang penerapan PHBS yang sangat mudah dan tidak susah, hanya perlu kemauan dari masing-masing individu menjaga kebersihan. Apalagi, dalam agama kebersihan merupakan bagian dari iman.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa bisa memberikan pengetahuan dan perubahan perilaku anak didik kami terhadap penerapan kesehatan lingkungan dan gaya hidup sehat,” kata Murniati salah seorang guru. 

Dia menyebutkan, perilaku hidup sehat sangat penting untuk dibudayakan dan dipelihara sebagai bentuk pencegahan terhadap datangnya penyakit yang menyerang. (Azhar Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *