Sumut Today

Karnaval Etnis Sapa Warga Kisaran Jelang Pembukaan PSBD 2017

Sumutdaily | Asahan ~ Menjelang pembukaan pekan seni budaya daerah (PSBD) Kabupaten Asahan tahun 2017, warga kota Kisaran dihibur dengan karnaval lintas etnis yang mengelilingi kota, Kisaran Senin (24/7/2017) sekitar pukul 10:30 WIB.

Amatan wartawan, rombongan karnaval ini bergerak dari halaman kantor Bupati Asahan kemudian masuk ke jalan Cokroaminoto lalu memutar ke jalan Diponegoro kemudian finish menuju jalan Ir Sutami lokasi PSBD Asahan.

Di perjalanan, rombongan karnaval ini disambut antusias masyarakat menyaksikan dari pinggir jalan. Tak sedikit yang mengabadikan momen pesta budaya dua tahunan itu menyaksikan rombongan lintas etnis di Asahan melintas dengan diiringi tabuhan tiga kelompok marching band.

Etnis Minang misalnya dalam karnaval mereka menampilkan pakaian adat pengantin lengkap dengan tabuhan genderang alat musik daerahnya. Kemudian etnis Simalungun dengan musik gondang, etnis Tionghoa dengan penampilan barongsai dan belasan etnis lain yang ikut dalam kegiatan karnaval.

Risda, warga Kelurahan Tegal Sari  Kecamatan Kota Kisaran Barat mengaku takjub dengan penampilan karnaval lintas etnis yang ada di Asahan itu. Iapun meyakini bahwa pesta karnaval lintas budaya ini akan lebih semarak dari tahun sebelumnya.

“PSBD tahun ini pasti lebih meriah dan banyak etnis yang ikut,” ujarnya.

Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Tahun 2017 yang dimotori oleh Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (Forkala) Asahan, akan kembali dibuka yang rencananya mulai digelar pada tanggal 24 Juli sampai 8 Agustus di Lapangan PSBD Dadimulyo Kisaran. (Azhar Nasution ) 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *