Olahraga

Ratusan Pesilat Turun Gunung Bertarung di Porkab Asahan ke IV

Sumutdaily | Asahan ~ Sebanyak 112 pesilat, atlet cabang olahraga (cabor) pencak silat dari berbagai aliran mulai berlaga di pertandingan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Asahan ke IV tahun 2017. Khusus cabor ini pertandingannya digelar pada tanggal 18 – 21 Juli 2017 di Joglo Pujakesuma Asahan, Jalan Pondok Indah.

Dari 112 atlet ini, terdiri dari 75 orang peserta putra dan 37 orang peserta putri. Cabor tersebut terbagi menjadi 12 kelas yang dipertandingkan dari kategori tunggal, ganda dan beregu.

Darwinsyah Lubis, selaku ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Asahan saat dijumpai wartawan di arena pertandingan  mengatakan, cabor pencak silat yang diikuti oleh berbagai aliran perguruan pencak silat ini merupakan salah satu cabor yang sudah banyak melahirkan atlet-atlet muda berprestasi. Namun menurutnya, masih perlu banyak pembinaan dan peningkatan fasilitas dalam latihan.

“Sudah banyak atlet pencak silat Asahan berprestasi di tingkat Provinsi, sampai ke PON. Porkab yang tahun ini dikhususkan untuk menjaring potensi atlit muda, untuk dijadikan wahana penambah jam terbang bertanding, menambah mental dan pengalaman atlit,” ujarnya.

Darwinsyah menambahkan, menggeliatnya perguruan pencak silat di Kabupaten Asahan tentunya harus diarahkan ke hal-hal yang positif, khususnya di kalangan kaum remaja. Sebab kata mantan camat Kisaran Barat ini, mental dan emosi kalangan remaja harusnya tersalurkan sesuai bakat dan kemampuan, salah satunya melalui seni beladiri pencak silat.

Dalam acara pembukaan cabor silat ini, turut dihadiri pengurus KONI Asahan Dodi Riswanda Sitorus, dan dihadiri oleh Ketua Panitia Porkab IV Bambang Sujarwo. (Azhar Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *