Khazanah

Kesultanan Serdang Gelar Jamu Laut, Budaya Masyarakat Pesisir

SumutDaily | Medan ~ Dalam rangka kegiatan Pesta Budaya Pantai Timur 2017 yang digelar di Pantai Cermin, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Selasa (18/7/2017) lalu, Pasang Laut Datok Sayuti acara jamu laut dengan melarung seekor kerbau.

Kerbau yang telah dipotong, sebagian dagingnya dilarung menggunakan sampan layar berwarna kuning diiringi doa selamat atas syuur masyarakat pesisir.

Sebelumnya, kerbau yang hendak dilarung diarak dan kemudian disembelih sekitar pukul 24.00 WIB. Sebagian dagingnya dimasak untuk jamuan makan bersama.

Kepala kerbau dan badannya yang sudah diisi dengan bahan bertih sesaji, menggunakan sampan layar berwarna kuning kemudian dilarung ke tengah laut.

Acara jamu laut ini sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat nelayan pesisir atas hasil laut yang selama ini telah memberikan rezeki kepada keluarga mereka.

Dalam rangka jamu laut ini, selama tiga hari para nelayan tidak diperkenankan melaut.

Acara ini dihadiri Sultan Serdang Tuanku Ahmad Thalaa Shariful Alamshah didamping Tengku Mira Sinar dan Kedatukan serta Orang Besar Kesultanan Serdang serta Bupati Serdang Bedagai Sukirman.

Mereka kemudian melaksanakan tepung tawar terhadap perahu nelayan yang bersandar di pantai. Setelah itu masyarakat bersama para petinggi kesultanan Serdang menikmati jamuan santap siang.

Kegiatan ini dihadiri masyarakat pelosok negeri. Mereka berbaur bersama di pesisir Pantai Cermin sambil menyajikan masakan laut khas melayu berupa gulai asam ikan mayong, sayur gulai Botok yang merupakan campuran dari 63 dedaunan. Sementara itu di beberapa stand menampilkan kerajinan masyarakat pesisir berupa kerajinan berbahan kerang, tikar dan olahan dari pandan, kerajinan dari pohon bakau yang dimanfaatkan menjadi lampu hias dan seni hias dari serbuk teh.

Di Tanah Bertuah Negeri Beradat
Bepadunya Pemimpin dan Rakyat
Menjunjung Tinggi Resam Budaya
Menuju Rakyat Makmur dan Sejahtera. (buya soraya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *