Sumut Today

Polda Sumut Tingkatkan Keamanan Pemudik

Sumutdaily | Medan ~ Polda Sumut akan meningkatkan sistem pengamanan di tempat-tempat keramaian, terutama objek vital yang ramai dikunjungi pemudik melalui jalur laut, udara dan darat. Pengamanan itu untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik dari kriminalitas dan tindak pidana lainnya.

"Pengamanan bagi pemudik sudah kita lakukan dan persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Seperti di terminal, bandara, stasiun dan pelabuhan kita tempatkan personel untuk menjaga dan memantau pelaku tindak kejahatan," kata Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan kepada wartawan, Senin (12/6/2017).

Disebutnya, pengamanan pemudik itu dilakukan secara terbuka (pakaian seragam/dinas) dan tertutup (pakaian sipil), mendeteksi dini aksi kejahatan seperti, jambret, copet dan pencurian barang bawaan pemudik.

Bahkan, untuk kendaraan transportasi udara, laut dan darat, petugas terlebih dahulu melakukan pemeriksaan terhadap calon penumpang dan barang bawaannya. Jika menemukan gerak-gerik ataupun benda mencurigakan, akan diambil tindakan.

"Sebelum moda transportasi itu bergerak membawa pemudik, petugas akan terlebih dahulu memantau dan memeriksa keadaan. Kalau memang ada pelaku kejahatan, segera diamankan," tegas Nainggolan.

Dalam konteks ini, tambah Nainggolan, pihaknya melalui Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) akan bekerjasama dengan dinas PU Bina Marga Sumut dan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mengecek kondisi jalan dan kelaikan kendaraan pengangkut pemudik.

Menurut Nainggolan, selain faktor kesalahan manusia (humas error), kendaraan dan jalan juga bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Ini agenda (giat) tahunan. Jadi kita tetap bersinergi dengan instansi terkait untuk meminimalisir peristiwa yang dapat merugikan pemudik, mengecek kondisi bus dan badan jalan yang rusak," pungkas Nainggolan. (sdc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *