Ekonomi

BPK-RI Berikan Predikat WDP Terhadap LKPD Kabupaten Asahan 2016

Sumutdaily | Asahan ~ Kabupaten Asahan menerima predikat opini penilaian Wajar Dalam Pengecualian (WDP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Asahan tahun anggaran (TA) 2016 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sumatera Utara (Sumut).

“BPK memberikan predikat WDP, atas LKPD Kabupaten Asahan TA 2016,” kata Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar kepada awak media, Senin (6/6/2017).

Penyerahan predikat WDP itu diserahkan oleh kepala BPK RI Perwakilan Sumut VM Ambar Wahyuni kepada Wakil Bupati Asahan, Surya, bersama dengan 20 kabupaten/kota lainnya, di Medan, Rabu (31/5/2017).

Atas perolehan predikat tersebut, Hidayat mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan berjanji akan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara. Pasalnya, pada 2016 masih ditemukan aset daerah yang belum terdaftar menjadi aset milik Pemkab Asahan.

“Selain itu, juga masih ditemukan sejumlah kerugian negara, akibat pengerjaan proyek yang tidak sesuai dengan ketentuan. Kedepan, tentunya hal ini akan kita benahi, sehingga kita bisa meraih kembali predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian),” katanya

Dayat menambahkan, opini merupakan pernyataan profesioanal pemeriksa mengenai kewajaran atas laporan keuangan yang didasarkan beberapa kriteria, diantaranya, yakni kesesuaian dengan standar akuntansi, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang undangan dan efektifitas sistem pengendalian intern. (Azhar Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *