Pendidikan

SMA Negeri 2 Kisaran Gelar Upacara Hari Kelahiran Pancasila

Sumutdaily | Asahan ~ Sekolah Menengah Atas Negeri 2 (SMAN 2) Kisaran, melaksanakan upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2017, Kamis (1/6/2017) pukul 08.00 Wib, di halaman Sekolah setempat, Jl. Latsitarda Kisaran.

Berlaku sebagai inspektur upacara Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Kisaran Syahruddin Lubis, S.Pd., MM diikuti para guru, Staf dan para Siswa/i SMA tersebut.

Dalam amanatnya, Syahruddin mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila serta menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-437/M Sesneg/Set/TU.00.04/05/2017 tentang penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahirnya Pancasila tahun 2017.

Syahruddin juga mengatakan, bahwa hari Lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni dan diperingati setiap tahun, merupakan sejarah yang tidak boleh dilupakan bagi bangsa dan rakyat Indonesia untuk kurun waktu yang terbatas.

Pelaksanakan upacara ini bertujuan untuk menanamkan nilai luhur Pancasila kepada generasi muda bangsa, sebagai pandangan hidup sehari-hari dalam bermasyarakat dan bernegara di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Siswa kelas X SMAN 2 Kisaran, Muhammad Azrin kepada wartawan mengatakan sangat senang dengan kegiatan upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila, dengan adanya kegiatan tersebut dapat mengingatkan kembali tentang sejarah lahirnya Dasar Negara Republik Indonesia.

"Saat ini generasi muda termasuk aku mulai lupa sejarah bangsa termasuk hari kelahiran Pancasila, maka dengan pelaksanaan upacara peringatan hari Kelahiran Pancasila ini sangat perlu sekali guna memaknai dan mengingat kita apa arti lahirnya Pancasila," katanya.

"Ini sangat penting pak, peringatan ini merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada pahlawan -pahlawan bangsa yang telah memperjuangkan bangsa kita dari penjajah," ujarnya. (Azhar Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *