Peristiwa

Tipu Warga, Oknum PNS Simalungun Lebaran di Sel Polres Asahan

Sumutdaily | Asahan ~ Seorang oknum PNS asal Kabupaten Simalungun terpaksa Lebaran di Sel Tahanan Mapolres Asahan. Pasalnya oknum bernama Mansyur (44) ini telah melakukan penipuan dengan mengeluarkan Surat Edaran palsu pengangkatan PNS di Kabupaten Batubara.

Kasat Reskrim Polres Asahan AKP Bayu Putra Samara dalam release persnya, Minggu (28/5/2017) menyebutkan Mansyur resmi ditahan setelah sebelumnya Polres Asahan menerima laporan dari Lukerna Sitorus yang tertuang dalam Laporan Polisi dengan nomor LP/569/VIII/2016/SU Res Ash. Diketahui Lukerna Sitorus dijanjikan oleh tersangka dapat memasukkan kedua putranya menjadi PNS di Pemkab Batubara.

"Jadi korban didatangi tersangka dan menjanjikan akan menjadikan anak korban PNS dengan meminta uang sebesar Rp 69 juta. Berselang berapa waktu tersangka datang dan memberikan surat edaran yang menyatakan kedua anak korban telah lulus. Mendapat surat itu, Lukerna dengan 2 orang putranya menanyakan hal itu ke dinas terkait di Kabupaten Batubara. Namun setelah di cek kebenarannya, ternyata surat edaran tersebut palsu. Merasa tertipu korban langsung membuat laporan di Polres Asahan," ujar Bayu didampingi Kanit Jatanras Ipda Khomaini.

Bayu juga menuturkan, tersangka ditangkap di rumahnya di Jalan Pematang Bandar, Kelurahan Kerasaan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun.

"Saat ini tersangka dalam proses pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada korban lainnya dan kepada tersangka kita kenakan pasal 378 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara," sebut Bayu. (Azhar Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *