Teknologi

Smartphone Berlayar Hologram Semakin Nyata

Sumutdaily.com ~ Komponen Layar Hologram Telah Berhasil Dibuat. Smartphone yang memiliki layar hologram tampaknya sudah hampir berada di depan mata. Kehadiran teknologi layar canggih tersebut semakin nyata setelah baru-baru ini para peneliti sukses menciptakan salah satu komponen yang dibutuhkan untuk menghadirkan smartphone yang memiliki fitur tersebut.

Komponen yang telah dibuat oleh para peneliti tersebut tak lain adalah layar hologram itu sendiri yang diyakini tertipis di dunia. Proyeksi hologram dari layar itu akan dapat dilihat tanpa harus menggunakan peralatan berukuran besar atau bahkan kacamata khusus.

Sejauh ini, teknologi smartphone dengan layar yang mendukung hologram hanya bisa dijumpai pada film-film yang mengusung genre fiksi ilmiah. Sementara itu, di dunia nyata layar yang menampilkan hologram masih belum memungkinkan karena untuk kemampuan tersebut masih diperlukan alat yang memiliki ukuran super besar. Oleh sebab itu, rasanya mustahil jika alat yang ukurannya begitu besar harus dimasukkan ke dalam smartphone yang notabene merupakan perangkat genggam.

Supaya komponen layar hologram tersebut bisa dimasukkan ke dalam smartphone, ukurannya paling tidak harus setipis kertas. Layar hologram yang berhasil dibuat oleh para peneliti dari RMIT di Melbourne, Australia ternyata malah jauh lebih tipis dari yang diperkirakan, yaitu sekitar 60 namometer atau diperkirakan sekitar 1.000 kali lebih tipis jika dibandingkan dengan rambut manusia.

Namun Slashgear menyebut jika dibuatnya layar hologram itu sebagai bentuk awal baru sekadar langkah maju untuk mewujudkan perangkat yang selama ini diharapkan oleh banyak orang. Selanjutnya, masih ada berbagai langkah lain yang harus dicapai sehingga teknologi smartphone dengan layar hologram itu benar-benar tercipta dan bisa digunakan oleh orang banyak.

Para peneliti juga harus sanggup mengatasi tantangan teknis dan manufaktur terkait dengan proyek perangkat ini, kemudian mengubah bentuk awalnya tersebut menjadi komponen hardware yang benar-benar bisa dimasukkan ke dalam smartphone. Setelah semua itu sanggup terwujud, maka abad baru dalam penggunaan teknologi hologram untuk konsumen akan dimulai dan kemungkinan besar teknologi tersebut akan diaplikasikan pada smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *