Pendidikan

Lestarikan Budaya Daerah, Disdik Asahan Gelar Festival Senandong Melayu

Sumutdaily | Asahan ~ Untuk melestarikan budaya daerah khususnya di kabupaten Asahan, Dinas Pendidikan menggelar festival  senandong tingkat pelajar SMP se Kabupaten Asahan yang diikuti sebanyak 50 orang peserta yang digelar di Aula Dinas Pendidikan Asahan, Selasa (16/5/2017).

Kadis Pendidikan Asahan Asmunan, Spd dalam sambutannya menyebutkan pelaksanaan festival senandong ini mengambil thema "Dengan Seni Senandong Kita Tingkatkan Karakter Pendidikan di Kabupaten Asahan" yang artinya dengan seni kita tingkatkan kecintaan kita terhadap budaya asli Daerah Kabupaten Asahan.

"Saat ini generasi muda khususnya di Kabupaten Asahan sudah banyak terkontaminasi dengan budaya-budaya luar, khususnya budaya Barat. Maka untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda dengan budaya daerah acara ini kita laksanakan dengan tujuan agar budaya daerah kita tidak terlupakan dan tetap abadi," ujar Asmunan.

Lebih lanjut Asmunan menyatakan Festival Senandung ini akan menjadi agenda rutin Dinas Pendidikan Asahan dengan memperebutkan Tropy Kadis Pendidikan Asahan dan dana pembinaan.

"Kegiatan ini akan tetap kita selenggarakan agar budaya daerah tidak terkikis oleh budaya luar, disini juga memperebutkan tropy bergilir Kadis Pendidikan Asahan," ujarnya.

Terpisah Ahmad Badawi salah seorang peserta dari Kecamatan Sungai Kepayang menyebutkan kegiatan ini merupakan kegiatan postif, agar para pemuda tidak lupa akan budaya daerahnya sendiri.

"Bagus sekali bang, karena Senandong ini merupakan budaya asli masyarakat Asahan yang mayoritasnya adalah orang Melayu, jadi Senandong ini adalah budaya asli Melayu pesisir yang harus tetap di galakkan agar tidak hilang akibat budaya asing," ujarnya. (Azhar Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *