Pendidikan

Tumbuhkan Minat Baca Perpustakaan Bergerak Kunjungi Sekolah

Sumutdaily | Asahan ~ Untuk menumbuhkan minat baca bagi pelajar, Pemkab Asahan mengaktifkan mobil pintar dan perpustakaan bergerak dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan yang langsung menyambangi sekolah-sekolah di Asahan.

Pantauan awak media di lapangan, Selasa (16/5/2017), mobil pintar Dinas Perpustakaan dan Arsip menyambangi sekolah SMP Negeri 1 Meranti yang disambut baik oleh pelajar dan guru-guru di sekolah tersebut.

"Senang Om, kalau bisa tiap minggu mobil perpustakaan keliling ini datang ke sekolah, karena banyak manfaatnya bagi kami," ujar Sri Wahyuni pelajar Kelas VII SMP tersebut.

Sementara itu petugas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Asahan Ridha Simatupang menyebutkan tujuan pelaksanaan mobil perpustakaan bergerak ini adalah untuk menumbuh kembangkan semangat pelajar dalam membaca. Sebab buku adalah gudang ilmu. Sehingga kami bukan hanya menunggu pelajar yang ingin membaca di kantor kami tapi kami yang mendatangi pelajar yang jauh dari kota Kisaran.

"Kita sudah mengagendakan mengunjungi sekolah-sekolah yang jauh dari Kota Kisaran agar pelajar dapat membaca buku-buku dari perpustakaan daerah. Karena buku adalah gudang ilmu," ujarnya.

Terpisah Kepala Sekolah SMPN 1 Meranti Muhammad Soleh dalam arahannya menyebutkan kiranya siswa-siswi agar dapat memanfaatkan perpustakaan keliling.

"Kegiatan perpustakaan keliling ini cukup positif. Apalagi siswa menyambut kedatangan perpustakaan keliling ini dengan antusias yang tinggi karena dengan membaca dapat menambah ilmu  sehingga menambah minat baca bagi para pelajar," ujarnya sembari berharap kunjungan bus bergerak bisa Seminggu sekali kesekolah mereka.(Azhar Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *