Sumut Today

Diguyur Hujan Semalaman, Empat Desa di Asahan Direndam Banjir

Sumutdaily | Asahan ~ Akibat diguyur hujan deras semalaman ratusan rumah di empat desa yang berada di Asahan masing-masing Desa Prapat Janji, Desa Mekar Sari, Desa Buntu Pane dan Desa Piasa Ulu terendam bajir mencapai ketinggian 60 hingga 80 Cm. Hal tersebut diucapkan Kapolsek Prapat Janji AKP Zullhajri kepada awak media via hubungan seluler, Rabu (10/5/2017).

Menurut Zulhajri kawasan ini memang daerah rawan banjir. Jika curah hujan cukup tinggi dipastikan banjir akan menggenangi daerah tersbut dan tak jarang warga lebih memilih mengungsi di posko bencara yang telah disediakan. 

"Daerah tersebut memang kawasan rawan banjir, jika curah hujan cukup tinggi sudah dipastikan bajir akan menggenangi kawasan ini, kami dari pihak kepolisian dibantu pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah hanya bisa membentuk posko pengungsian sementara kepada warga," ujar Zulhajri sembari menambahkan ketinggian air sore ini sudah mulai menurun hingga mencapai 10 Cm

Terpisah Mujiadi (40) salah seorang warga yang tinggal di Desa Prapat Janji menyebutkan jika hujan deras warga merasa was-was karena air dari Sungai Sei Silau dipastikan meluap dan membanjiri pemukiman warga. 

"Kalau hujan deras ya banjir pun datang," ujarnya sembari berharap Pemkab Asahan membangun bendungnan dan membangun irigasi sehingga desa yang mereka tempati tidak menjadi langganan banjir lagi. 

Lebih lanjut Mujiadi menambahkan jika terjadi banjir areal pertanian milik warga akan rusak dan terancam gagal panen.

"Yang jelas banyak kerugian yang kami alami, terutama di sektor pertanian, ini cuaca mendung jika nanti malam hujan maka sudah dapat dipastikan air yang mulai surut akan kembali naik" ujarnya. (Azhar Nasution)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *