Pendidikan

157 Lulusan SMA Negeri 1 Matauli Diterima di PTN Favorit

Sumutdaily | Pandan ~ Sebanyak 157 siswa SMA Negeri 1 Plus Matauli, Pandan dinyatakan diterima di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit dan sekolah kedinasan melalui jalur undangan serta jalur lainnya. Sedangkan sisanya akan mengikuti jalur ujian tulis keperguruan tinggi Negeri pada 16 Mei 2017.

Hal itu dikatakan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Murdianto SPd MM pada acara pelepasan 313 siswa kelas XII angkatan XXI dalam upacara Pelepasan Siswa di Gedung Gymnasium SMAN 1 Plus Matauli Pandan, Sabtu (6/5/2017) kemarin.

Adapun rinciannya, UI 1 orang, UGM 7 orang, ITB 5 orang, IPB 10 orang, Undip 3 orang, Unpad 3 orang, Unand 1 orang, Univ Bengkulu 1 orang, Unsyiah 1 orang, UPN Yogyakarta 3 orang, USU 21 orang, Sekolah Tinggi Inteligen Negara (STIN) 5 orang, Polmed 3 orang, dan lainnya.

"Sampai saat ini, dari 313 orang siswa angkatan XXI ini, 104 diantaranya sudah dipastikan lulus di perguruan tinggi favorit maupun sekolah kedinasan, sementara 53 orang lainnya memang masih sedang mengikuti tes lanjutan, namun kemungkinan besar akan lulus. Dengan total 157 orang siswa, lulusan tahun 2016/2017 ini merupakan salah satu angkatan terbaik SMAN Matauli dari segi persentasi kelulusannya di perguruan tinggi favorit dan sekolah kedinasan," ungkapnya.

Bertindak sebagai inspektur upacara pada kegiatan itu Asisten I Pemkab Tapteng Drs Antonius Simanjuntak mewakili Pj Bupati yang berhalangan hadir, unsur Forkopinda, Ketua Yayasan Maju Tapian Nauli (Matauli), Dr H Syukri Batubara, para penggiat pendidikan dan para orangtua siswa adalah Dansatradar Sibolga, Letkol (Lek) Bambang Suyabto.

Menurut Murdianto SPd MM, siswa kelas XII angkatan XXI tahun ajaran 2016-2017 berjumlah 313 orang siswa yang terdiri dari 263 siswa jurusan IPA dan 50 orang jurusan IPS, yang mana telah mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan menggunakan sistem computer based test (CBT). 

Dikatakan, rapat pleno kelulusan siswa jurusan yang dilaksanakan tanggal 27 April 2017 lalu, diputuskan bahwa siswa jurusan IPA sebanyak 263 siswa dinyatakan lulus (tingkat kelulusan 100%) serta jurusan IPS sebanyak 50 siswa dinyatakan lulus (tingkat kelulusan 100 %).

Selain itu, lanjut Murdianto, SMAN 1 Matauli Pandan juga telah menerima peserta didik unggulan B asli Tapteng sebanyak 120 orang dengan empat angkatan sejak tahun 2013 lalu.

Tahun 2016 angkatan ke 1 berjumlah 30 orang telah lulus 100 persen yang diterima di 35 perguruan tinggi favorit, yaitu 12 siswa di Universitas Sumatera Utara, 1 siswa di Universitas Indonesia, 1 siswa di Institut Tekhnologi Bandung, 2 siswa di Institut Pertanian Bogor, 1 siswa di sekolah tinggi Sandi Negara, 1 siswa di Universitas Sriwijaya, 2 siswa di Universitas Riau, 2 siswa di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, 4 siswa di Universitas Dipenegoro, 1 siswa di Sekolah Tinggi Inteligen Negara, 1 siswa di Universitas Malikul Saleh, 2 siswa di Sekolah Tinggi Penerbangan dan 1 siswa di Politeknik Medan.

"Tahun 2017 ini, SMAN 1 Matauli Pandan juga telah meluluskan angkatan ke II sebanyak 30 orang siswa asli Tapteng yang sementara daftar yang diterima di 19 perguruan tinggi dan kedinasan," katanya.

Keberhasilan 30 siswa asli Tapteng masuk ke perguruan tinggi favorit dan sekolah kedinasan tersebut, tambahnya, menunjukkan bahwa kepercayaan yang diberikan Pemkab dan masyarakat Tapteng kepada SMAN Matauli, dengan menitipkan 30 siswa terbaik se Tapteng yang memperoleh beasiswa setiap tahunnya. (sdc/mbdc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *