Ragam

Ciri Anda Sudah Siap Beli Rumah Sendiri

Sumutdaily.com ~ Membeli rumah saat ini memang nampaknya menjadi tujuan utama masyarakat, apalagi dengan peningkatan rumah yang terus terjadi misalnya tahun 2016 lalu untuk segmen rumah kecil saja terjadi peningkatan harga sebesar 4,16%. 

Oleh karena itu, tak heran memang jika semakin banyak orang berpikir, jika ditunda maka akan semakin mahal. Tapi ternyata, tak jarang pula ditemukan kasus ketika sedang mencicil rumah dengan sistem KPR kemudian mandek di tengah jalan sehingga rumah terpaksa harus disita oleh pihak bank. 

Anda tentu tidak mau hal itu menimpa ketika sedang proses melunaskan rumah, bukan? Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan ciri-ciri yang menunjukkan bahwa Anda sudah siap beli rumah sendiri. Berikut ulasannya:

Yakin dengan Pilihan Rumah dan Yakin Menetap

Tentu, ketika Anda sudah siap beli rumah sendiri maka sudah pasti Anda harus yakin dengan rumah pilihan dan yakin untuk menetap di situ kedepannya. Jika belum yakin, untuk apa Anda beli rumah? Lebih baik gunakan saja uangnya untuk kebutuhan lain yang memang menjadi prioritas saat ini.

Sudah Memiliki Cukup Tabungan

Jangan kaget jika membeli rumah ternyata membutuhkan biaya-biaya tak terduga yang dibutuhkan ternyata cukup besar. Meskipun biaya DP rumah sederhana dengan luas di atas 70 meter persegi mulai Agustus 2016 sudah turun menjadi 15%, Anda juga akan membutuhkan uang untuk biaya KPR, biaya maintenance rumah dan lain-lain. Bila tabungan yang dirasa belum cukup untuk menutupi itu semua berarti Anda belum siap membeli rumah.  

Tidak Punya Banyak Utang dan Tagihan

Anda masih memiliki banyak Utang dan tagihan? Sebaiknya tunda dulu keinginan membeli rumah karena catatan Utang serta tagihan tersebut juga bisa menjadi faktor ditolaknya pengajuan KPR Anda. Seseorang yang sudah siap membeli rumah sendiri berarti dia harus sudah sanggup mengatur keuangannya sendiri dan berhemat sehingga ketika membayar cicilan KPR nanti tidak akan menunggak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *