Sumut Today

Diskopdag Asahan Akan Relokasi PKL Pasar Inpres

Sumutdaily | Asahan ~ Pemerintah Kabupaten Asahan, melalui Dinas Koperasi dan Perdagangan tengah mempersiapkan lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) pasar pagi Inpres Kisaran ke Pasar Kartini.

Hal ini, disampaikan Kadis Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan Drs. Suprianto, M.M., Jumat (28/4/2017), di Area Pasar Kartini Jalan Kartini, Kisaran.

"Kita memulai membersihkan di bagian belakang Pasar Kartini yang selama ini tidak difungsikan pedagang. Padahal lokasi ini sudah disediakan Pemerintah Daerah, namun belum dimaksimalkan,” kata Suprianto.

Suprianto memohon Pemerintah Kabupaten Asahan untuk menertibkan ratusan pedagang kaki lima (PKL) di Pasar pagi Inpres Kisaran yang berjualan di sepanjang Jalan Haji Misbah, Panglima Polim dan sekitarnya.

Beliau mengimbau kepada para PKL, terutama yang direncanakan bakal direlokasi yang selama ini berjualan di pasar pagi Jalan H Misbah agar segera melapor ke Dinas, guna pendataan dan membagi tempat untuk berjualan.

“Jadi diimbau kepada pedagang, sebelum masa relokasi agar melapor ke Dinas Koperasi dan Perdagangan untuk didata dan diberikan tempat berjualan yang layak di Pasar Kartini ini,” katanya.

Kasat Pol PP Pemkab Asahan, Drs. Isa Harahap, M.Si, saat dikonfirmasi membenarkan akan melakukan relokasi pedagang kaki lima dimaksud.

Menurutnya, ada sekitar 200-an PKL yang berjualan di Jalan Haji Misbah pasar pagi Inpres Kisaran,  mulai dari simpang jalan Masmansyur sampai simpang jalan Panglima Polem.

Isa mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah berulang kali memberikan sosialisasi kepada para pedagang, melalui lisan dan surat edaran, karena selain menganggu aktivitas beribadah karena dilokasi itu terdapat 4 rumah ibadah juga menimbulkan bau tak sedap, aktivitas lalu lintas juga terganggu.

“Kalau ternyata Pemerintah sudah mempersiapkan tempat yang lebih layak untuk berdagang di sini, jadi tidak ada alasan bagi pedagang untuk tidak pindah,” ujarnya.

Ditanya soal kapan rencana penertiban dilaksanakan, Isa mengatakan masih menunggu Pasar Kartini selesai dibersihkan serta akan berkordinasi dengan Bupati Asahan.

"Soal waktu relokasi penertibannya kapan, yang jelas pasti akan ditertibkan. Kami berkordinasi dulu dengan Bupati Asahan untuk membicarakan persiapan pemindahan pedagang," ujarnya. (Azhar Nasution)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *