Ragam

Kapolsek Delitua Sosialisasi Aplikasi Polisi Kita Sumut

Sumutdaily.com | Medan ~ Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Delitua Kompol Wira Prayatna melakukan sosialisasi petunjuk teknis ke warga terkait penggunaan petunjuk teknis aplikasi ‘Polisi Kita’ yang merupakan konsep ‘e-Policing’ atau pelayanan kepolisian terpadu berbasis elektronik di jajaran Polda Sumatera Utara.

Sosialisasi yang dihadiri ratusan warga Kecamatan Delitua dan Lembaga Swadaya Masyarakat Komet Bersih Narkoba (LSM-KBN) ini digelar di Jambur Taras, Jalan Besar Delitua-Biru Biru, Kelurahan Delitua Timur, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Selasa (25/04/2017).

"Untuk mendapatkan aplikasi program itu, bapak dan ibu perlu mengunduhnya di google plus store dengan nama ‘Polisi Kita’. Setelah itu mendaftarkan diri dengan mencantumkan nama, surat elektronik, dan nomor telepon yang bisa dihubungi," kata Wira.

Dijelaskannya, aplikasi tersebut berisi fitur seperti berita dan agenda, pengaduan, informasi, saber pungli, call center serta city guide untuk mengetahui kantor kepolisian dan fasilitas umum terdekat. Di bagian bawahnya ada tombol respon cepat untuk mendapatkan bantuan segera bagi warga yang membutuhkan,” tutur Wira.

Menurut Wira, dengan motto Camm On Hand (Cepat Akurat Murah Mudah Dalam Satu Genggaman), membuat aplikasi ‘Polisi Kita’ bisa menjadi harapan masyarakat dan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian.

"Dengan adanya aplikasi ini, bapak ibu dan saudara-saudara bisa melaporkan informasi adanya tindak kejahatan atau apapun melalui aplikasi ini. Laporan akan mendapatkan respons cepat dari aparat polisi atas peristiwa yang terjadi secara real time," tutur Wira.

Aplikasi ‘Polisi Kita Sumut’ ini dibuat untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi atau mengetahui berita tentang situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang terjadi di Sumut.

"Kami harapkan dukungan semua pihak untuk membantu tugas-tugas kepolisian dalam menanggulangi gangguan kamtibmas. Laporan setiap peristiwa yang dapat mengganggu kamtibmas dan yang terpenting jangan main hakim sendiri ketika menyelesaikan masalah kriminal di lingkungannya karena aksi main hakim sendiri oleh warga itu tidak bisa dibenarkan," jelas Wira.

Ada respon cepat kepolisian Polda Sumut yang saat ini sudah bisa diakses melalui aplikasi ‘Polisi Kita’ yang mudah dan murah. Laporkan atau serahkan saja kepada aparat polisi apabila ada masalah kriminal, biar polisi yang memprosesnya. Menangkap tangan boleh, tetapi jangan main hakim sendiri apalagi dikeroyok sampai meninggal.

Usai sosialisasi, tampak masyarakat yang menghadiri kegiatan tersebut langsung mendownload aplikasi ‘Polisi Kita Sumut’. Mereka juga mengucapkan terima kasih kepada Polda Sumut dan Polrestabes Medan atas terobosan kreatifnya, serta Kapolsek Delitua yang telah mensosialisasikan aplikasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *