Peristiwa

Kasdam I/BB Buka Apel Dansat

Sumutdaily | Pematangsiantar ~ Kasdam I/BB Brigjen TNI Tiopan Aritonang, S.IP pimpin Pembukaan Apel Dansat Kodam I/BB TA 2017 di Aula Bela Negara Makorindam I/BB Jalan Arga Sari Pematang Siantar, Kamis (20/4/2017).

Dalam amanatnya Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri yang dibacakan oleh Kasdam I/BB menyampaikan rangkaian kegiatan Apel Dansat dapat memberikan inspirasi dan motivasi baru bagi para Komandan Satuan guna meningkatkan kemampuan dalam pelaksanaan tugas ke depan.

Apel Dansat Kodam I/BB TA 2017 merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Apel Dansat TNI AD yang dilaksanakan di Cipatat Bandung pada tanggal 11 sampai 13 Maret 2017 yang lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi para Komandan satuan tentang pokok-pokok kebijakan Pimpinan TNI AD.

Selanjutnya kebijakan tersebut harus dijabarkan dalam pelaksanaan Program Kerja satuan, agar mampu mencapai sasaran terwujudnya satuan yang siap operasional dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam I/BB.

Disamping itu, Apel Dansat juga merupakan sebuah forum untuk membahas berbagai hal yang terkait dengan kepemimpinan lapangan, dihadapkan pada dinamika tantangan tugas yang terus berkembang, sekaligus merupakan forum evaluasi hasil pembinaan satuan dan kepemimpinan para Komandan satuan yang dilakukan pada TA 2016.

Lebih lanjut Kasdam I/BB menyampaikan hasil evaluasi umum menunjukkan masih banyaknya sasaran program yang tidak tercapai secara maksimal serta masih tingginya angka pelanggaran.

Prestasi satuan, penguasaan kemampuan militer dasar oleh prajurit, kebersihan dan ketertiban pangkalan serta tingkat pelanggaran anggota adalah tolak ukur yang dapat digunakan untuk menilai tingkat keberhasilan kepemimpinan yang diterapkan oleh para Komandan satuan.

Tidak tercapainya hal-hal tersebut dengan baik, merupakan indikator belum tertanamnya karakter keprajuritan secara kuat dalam diri para prajurit Kodam I/BB.

Apel Dansat Kodam I/BB pada tahun 2017 ini, diselenggarakan dengan semangat untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan yang ditemukan di satuan jajaran Kodam I/BB sehingga dapat dirumuskan secara lebih jelas konsep pembinaan yang harus dilakukan oleh unsur Pimpinan atau Komandan satuan untuk mengatasinya.

Semangat tersebut tercermin pada tema kegiatan, yaitu:“Melalui Apel Komandan Satuan, Kita Tingkatkan Pembinaan Satuan Guna Mewujudkan Prajurit TNI AD Yang Disiplin, Kuat, Hebat, Profesional Bersama Rakyat Siap Mendukung Tugas Pokok Kodam I/BB”.

Tema tersebut juga mengandung pesan moral kepada para Komandan satuan agar meningkatkan kepedulian dan perannya secara profesional untuk melakukan pembinaan satuan sebagai upaya untuk mewujudkan sumber daya prajurit yang profesional dan tangguh dengan memberdayakan potensi satuan secara optimal.

Tugas dan tantangan nyata dalam pembinaan satuan saat ini adalah membentuk prajurit yang disiplin, terlatih dan bertanggung jawab, meningkatkan kemampuan sumber daya prajurit dalam penguasaan teknologi dan informasi serta menumbuhkembangkan budaya interaksi dan komunikasi antara pemimpin dengan yang dipimpin.

Kegiatan Apel Dansat Kodam I/BB diikuti oleh 244 orang Dansat Jajaran Kodam I/BB, mulai dari Danton, Danki, Danyon, Dandim, Danbrigrif 7/RR, para Asisten Kasdam I/BB, para Staf Ahli Pangdam I/BB, para Kabalakdam I/BB. Danrindam I/BB, para Danrem dan Irdam I/BB. (sdc/Penrem 022/PT)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *