Peristiwa

Pedagang Jalan Sutomo Medan Kembali Ditertibkan, Pedagang Jalan Akik Tak Tersentuh

Sumutdaily | Medan ~ Kamis (13/4/2017) dinihari, ratusan personel gabungan dari Satpol PP Kota Medan, Dinas Perhubungan (Dishub), Perusahaan Daerah (PD) Pasar, Polrestabes Medan dan Kodim 0201/BS menertibkan para PKL Jalan Sutomo, Medan. 
"Jumlah personel yang kita turunkan untuk menertibkan PK5 di seputaran Jalan Sutomo dan sekitarnya sebanyak 600 orang.  Seperti penjelasan yang telah saya sampaikan sebelumnya, tujuan penertiban ini untuk mengembalikan fungsi Jalan Sutomo dan sekitarnya sebagai failitas umum, bukan tempat berjualan!" tegas Kepala Satpol PP Kota Medan, M Sofyan.

Sebelum penertiban dilakukan, seluruh personel melaksanakan apel di depan Kantor PD Pasar, Jalan Sutomo.
Usai apel, tim gabungan selanjutnya bergerak menyisir seputaran Jalan Sutomo.

Kehadiran tim gabungan membuat para PKL urung melakukan bongkar muat. Meski demikian, ada juga sejumlah pedagang yang nekat berjualan. Tak pelak, tim gabungan pun langsung mengamankan meski PKL berusaha sekuat tenaga mempertahankan sambil melontarkan kalimat sumpah serapah dan makian.

Proses penertiban berlangsung sampai jam 07.00 WIB. Dari penertiban yang dilakukan, tim gabungan mengamankan dua truk sayuran dan buah-buahan milik PKL. Selain itu, tim juga membongkar dua unit lapak milik pedagang yang digunakan untuk berjualan, termasuk meja, tenda, serta payung. 

Selanjutnya keseluruhan barang milik para pedagang tersebut dibawa ke markas Satpol PP Jalan Adinegoro, Medan.

Sofyan menegaskan, tim gabungan akan terus melakukan penertiban. Sebab, keberdaan para PKL tidak bisa ditolerir. Selain menjadi biang utama penyebab terjadinya kemacetan arus lalulintas, kehadiran para pedagang juga menyebabkan rusaknya infrastruktur serta  sampah berserakan dimana-mana sehingga membuat kawasan itu semrawut dan sangat kumuh.

"Intinya keberadaan para PKL sangat mengganggu kenyamanan dan ketentraman warga sekitar, termasuk para pengguna jalan. Di samping itu, keberadaan mereka juga menyebabkan penghasilan para pedagang di Pasar Induk Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan terus merugi karena minimnya jumlah pembeli yang datang. Jadi penertiban akan terus kita lakukan sampai kawasan Jalan Sutomo dan sekitarnya bersih dari PKL," tegasnya.

Namun kegarangan petugas Satpol PP tak berlaku di Pasar Jalan Akik Medan. 

Buktinya, Satpol PP Medan pernah akan menertibkan PKL Jalan Akik pada medio 2015 lalu, tepatnya pada sekira bulan Februari 2015. Saat itu, Kepala Satpol PP Kota Medan, M Sofyan telah mengeluarkan surat penertiban bernomor: 511.3/289 tanggal 18 Februari 2015, perihal peringatan untuk tidak berjualan dan meletakkan barang atau membangun kios di atastrotoar, di atas parit dan badan jalan tanpa izin Pemko Medan.

Bahkan, saat itu alat berat backhoe sudah berada di lokasi. Namun tak tahu kenapa, Sofyan yang merupakan mantan Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Kota Medan dan mantan Camat Medan Area ini, memerintahkan para personelnya balik kanan. Begitu juga dengan alat beratnya, yang kembali dikandangkan. (sdc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *