Peristiwa

Kapolres Asahan Sholat Juma’at Pertama di Kampung Narkoba

Sumutdaily | Asahan ~ Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga yang baru seminggu bertugas di Asahan melaksanakan sholat Jumat perdananya di Mesjid Ar Rasyidin Jalan Sei Asahan, Kelurahan Tegal Sari, Kecamatan Kisaran, Asahan, Sumatera Utara, Jumat (14/4/2017).

Jalan Sei Asahan yang berujung di pinggiran aliran sungai Sei Silau di kenal dengan kampung narkoba. "Dulu mereka mainnya di kampung tengah bang, sekarang di kampung kami, sering  transaksi narkoba bahkan tidak mengingat waktu.  Hampir setiap jam berseliweran kreta (sepeda motor) di depan rumah," ujar salah seorang warga yang enggan di sebut namanya.

"Baru seminggu saya menjabat Kapolres di Asahan. Kenapa saya pilih Sholat Jumat di Mesjid Ar Rasyidin, karena saya ingin menjalankan amanah yang di berikan senior saya AKBP Tatan Dirsan Atmaja yang menitipkan kampung tengah dan jalan sei Asahan," ujar Kapolres.

Kapolres Asahan sengaja datang dan sholat tidak dengan pengawalan. Hanya berdua dengan ajudan. Setelah sholat beliau memperkenalkan diri kepada jemaah sholat jumat yang mayoritas warga seputaran jalan sei Asahan dan jalan Panglima Polem.

"Saya mohon kepada Bapak bapak ayo kita bekerja sama membersihkan kampung kita ini dari Narkoba dan saya akan sering kemari, kalau perlu kita buat posko seperti di kampung tengah, karena tanpa kerja sama mustahil kampung ini bisa dibersihkan dari peredaran Narkoba," ujar mantan Kapolres Dairi ini.

Di tempat yang sama Ustadz Asri salah seorang pengurus BKM Mesjid Ar Rasyidin mengucapan terima kasih atas  kesediaan Kapolres yang mau peduli dan berkeinginan membersihkan kampung mereka dari Narkoba.

"Tanpa bantuan dari bapak kami juga pasti sulit untuk memberantas peredaran Narkoba yang setiap hari  kami lihat," tutur Asri.

Sebelumnya Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga dengan dikawal ajudan pagi itu sekitar pukul 08.00 Wib bersepeda menuju jalan Pramuka dengan  sepeda patroli milik Polisi. Kapolres menghampiri warga di Jalan Pramuka lingkungan satu Kelurahan Tebing Kisaran untuk  berbincang dengan para pekerja pembersih jalan yang sedang istirahat di salah satu warung kopi didaerah itu

Selanjutnya orang nomor satu di wilayah hukum Polres Asahan kembali bersepeda menuju jalan Panglima Polem yang diterima oleh warga sekitar dan dihadiri ketua lembaga Penggiat Anti Narkoba Asahan Sakir Samosir hingga kehadiran orang nomor satu di Polres Asahan sempat membuat terkejut warga yang ngopi di pagi itu

"Memang kami sempat terkejut kami kira Polisi bersepeda yang rutin berpatroli ternyata pak Kapolres," ujar Sakir Samosir.

Kepada wartawan Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga mengatakan tidak akan fokus di kampung tengah ini saja, namun Jalan Sei Asahan dan seputarannya dijadikan prioritas.

" Saya akan buat posko, kegiatan olah raga dan keagamaan di kampung tengah dan Sei Asahan," ujarnya. (Azhar Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *