Ekonomi

Harga Kebutuhan Pokok di Asahan Relatif Stabil

Sumutdaily | Asahan ~ Harga daging dan kebutuhan makanan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Kisaran, Kabupaten Asahan terpantau stabil. Kondisi tersebut menyusul pasokan barang yang dapat mengimbangi kebutuhan konsumen.

“Harga kebutuhan pokok di pasaran saat ini relatif stabil. Daging sapi, ayam, cabai, bawang, tomat, beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, dan telur ayam, meski ada beberapa harga mengalami kenaikan dari minggu lalu tapi masih dalam batas wajar,” ujar Simamora salah seorang pedagang bahan pokok di Pasar Inpres Kisaran, Selasa (4/4/2017).

Menurut pantauan wartawan, harga cabai merah kini berkisar Rp 24 ribu naik dari minggu lalu dari Rp 20 ribu, cabai rawit Rp 32 ribu naik dari minggu lalu Rp 24 ribu, cabai hijau Rp16 ribu naik dari minggu lalu Rp 12 ribu per kilogramnya.

Sementara itu bawang merah Rp 32 ribu turun dari minggu lalu Rp 34 ribu, bawang putih Rp 40 ribu naik dari minggu lalu dari Rp 26 ribu, tomat Rp 7 ribu naik dari minggu lalu Rp 5 ribu, gula pasir Rp 12 ribu, minyak goreng curah Rp 12 ribu per kilogramnya, kelapa parut Rp 13 ribu perkilogramnya.

Sementara itu beras dengan kualitas IR 64 masih normal Rp 9 ribu per kilogram. Harga daging ayam untuk sementara mengalami penurunan dari minggu lalu dari Rp 24 ribu per kilogramnya kini menjadi Rp 18 ribu. Daging sapi masih normal Rp 110 ribu sedangkan daging kambing 80 ribu per kilogramnya. Ikan gurami Rp 50 ribu dan ikan lele turun dari Rp 24 ribu menjadi Rp 22 ribu per kilogramnya.

Simamora menguraikan kestabilan harga sejumlah bahan pokok terjaga karena stok di pasaran mampu memenuhi permintaan pembeli. Hal itu juga dipengaruhi oleh penurunan daya beli konsumen akibat masih tingginya harga cabai rawit merah hingga saat ini.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, Suprianto membenarkan stabil harga sejumlah kebutuhan pokok di Kisaran dipengaruhi pasokan yang mampu mengimbangi permintaan pasar.

Sementara itu Herni warga kota Kisaran mengatakan, stabilnya harga sejumlah kebutuhan pokok dan makanan di Asahan tidak hanya berlangsung saat ini saja. Ia mendorong agar pemerintah untuk tetap memantau ketersediaan bahan pokok ini hingga menjelang ramadhan tiba.“Biasanya nanti harga harga akan naik menjelang bulan ramadhan, hendaknya pemerintah ikut melakukan control dan monitoring ke pasar,” pintanya. (Azhar Nasution)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *