Hukum

Anak Buah Pungli, Kadishub Deliserdang Diperiksa Polisi

Sumutdaily | Lubuk Pakam ~ Sat Reskrim Polres Deliserdang terus melakukan penyelidikan terkait kasus pungutan liar (pungli) di Dinas Perhubungan (Dishub) Deliserdang pasca diamankannya Muhammad Irfan alias Irfan (43), Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Balai Pengujian Kendaraan Dishub Deli Serdang yang diamankan Sat Reskrim Polres Deliserdang, Kamis (26/1/2017 lalu).

Warga Jalan Besar Tembung, Dusun I, Desa Tembung, Kecamatan Percut Seituan ini diamankan di Taman Buah, Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang dan kini sudah berstatus tersangka oleh Sat Reskrim Polres Deli Serdang.

Terkait kasus ini, Minggu (5/2/2017) sekira jam 14.00 wib, Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres DS sudah memeriksa Kepala Dishub Deli Serdang Jannes Manurung. Jannes Manurung pun dicecar 18 pertanyaan.

Kepada wartawan , Jannes Manurung mengakui jika dirinya sudah diperiksa Sat Reskrim Polres Deli Serdang. “Saya sudah diperiksa, saya menjawab 18 pertanyaan,” bilang Jannes. Namun sayangnya Jannes tidak merincikan pertanyaan yang diberikan penyidik.

Jannes menerangkan jika Irfan sudah lama bekerja di Dishub Deli Serdang. “Irfan sudah lama bekerja tapi saya tidak tau sudah berapa lama dia pungli. Irfan baru pertama kali ditangkap,” kata Jannes.

Lanjutnya lagi, Irfan sudah dipindahkan ke bagian lain. “Kalau Kabidnya belum diganti karena itu perbuatan oknum dan di luar kantor. Dia sudah dipindahkan ke bagian lain sebagai staf,” ujarnya.

Masih kata Jannes, Irfan sudah seperti orang stres dan jarang masuk kerja. “Dia (Irfan) sebentar-bentar masuk kerja tapi sebentar-bentar keluar. Sudah stres dia,”terang Jannes. Meski pun begitu, ditegaskan Jannes Manurung jika saat Irfan sedang menjalani pemeriksaan Inspektorat Deli Serdang.

Disinggung apakah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang akan menyediakan kuasa hukum untuk membela Irfan, Jannes menegaskan tidak ada pembelaan dari Pemkab Deli Serdang untuk Irfan.

“Irfan lagi diperiksa Inspektorat, Pemkab Deli Serdang tidak akan melakukan pembelaan. Irfan akan dipindahkan sesuai petunjuk dari Inspektorat. Hari pertama kerja, saya sudah kumpulkan Kabid-Kabid, saya sampaikan tidak ada lagi permainan setiap urusan. Di terminal Lubuk Pakam juga sudah dipecat 8 orang untuk menghindari Operasi Tangkap Tangan (OTT),” jelas Jannes.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Deli Serdang AKP Teuku Fathir Mustafa membenarkan jika pihaknya sudah memeriksa Jannes Manurung, selaku kadishub. “Ya , Jannes Manurung sudah diperiksa. Stasusnya masih saksi,” tegas Fathir. (sdc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *