Sumut Today

PLN Ranting Medan Denai Diduga Pakai Pekerja Ilegal

Sumutdaily | Medan ~ Perusahaan Listrik Negara (PLN) Ranting Medan Denai di Jalan Garuda, Perumnas Mandala, Kecamatan Percut Seituan, diduga memperkejakan tenaga ahli ilegal karena tidak memiliki sertifikasi.

Selain itu, PLN juga dituding menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang tidak berkompeten di bidang kelistrikan. Hal itu disampaikan salah satu mitra rekanan kerja PLN Ranting Medan Denai kepada wartawan, Rabu (1/2/2017).

“Cukup banyak pekerja ilegal yang direkrut PLN Medan Denai. Bahkan, mereka juga menjalin kerjasama dengan perusahaan yang tidak memiliki standar dalam pengerjaan di bidang kelistrikan,” ujar salah seorang rekanan resmi PLN.

Dia menerangkan, akibat mempekerjakan tenaga ilegal membuat salah seorang petugas PLN yang tengah memasang jaringan listrik di Jalan Datuk Kabu, Pasar III, Tembung, tersengat listrik dan harus dilarikan ke RS Pirngadi Medan kerena mendapat luka cukup serius.

“Pada Minggu (29/1/2017) kemarin, salah seorang petugas berinisal T (29) warga Jalan Pasar VIII, Tembung, nyaris tewas tersengat arus saat melakukan pemasangan listrik,” terangnya.

Indikasi PLN telah memakai tenaga kerja ilegal tersebut mendapat kecaman dari Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal (AKLI) Sumatera Utara (Sumut).

Menurut Tanjung, salah seorang anggota AKLI Sumut, seharusnya PLN tidak memperkejakan anggota tanpa adanya sertifikasi. Sebab akan berdampak fatal dalam proses pengerjaan dalam pemasangan listrik tersebut. Selain itu, PLN Cabang Medan Denai fungsinya sebagai pengawas dalam pemasangan listrik.

“Nah aneh juga memang kalaulah mereka (PLN) mempekerjakan petugas tanpa pengalaman di bidangnya. Bayangkan saja kalau tiba-tiba kesetrum siapa yang mau bertanggungjawab. Bahkan kalau ada yang salah dalam pemasangan listik mendadak rumah warga terbakar gara-gara korsleting aliran listrik,” tuturnya.

Dia menerangkan dalam pemasangan itu harus benar petugas yang memiliki standard prosedur. Minimal telah tersertifikasi ahli di bidang kelistrikan.

Sementara itu, saat wartawan menyambangi Kantor PLN Ranting Medan Denai untuk mengkonfirmasi tentang adanya dugaan pekerja ilegal itu, salah petugas keamanan bernama Bambang, mengatakan manajer tidak berada di ruangannya. “Bapak lagi ke luar bang. Katanya sih dia bersama humas ke Kantor PLN Lubukpakam. Ya sudah dari pagi tadi beliau ke luar,” pungkasnya. (sdc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *