Ekonomi

IPEMI dan Permatani Sumut Gelar Pelatihan Budidaya Cabai Bagi Pengusaha

Sumutdaily | Medan ~ DPW Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumut menggandeng DPW Permatani Sumut dalam kegiatan pelatihan sekaligus bimbingan teknis budidaya tanaman cabai bagi para pengusaha perempuan yang tergabung dalam organisasi tersebut. Acara berlangsung di Tanjung Morawa, Kamis (19/1/2017) siang.

Kegiatan itu digelar sebagai aksi tindak lanjut dari kerjasama yang telah dijalin dan disepakati antara kedua organisasi dalam menumbuhkan pengusaha-pengusaha baru di bidang pertanian dan perkebunan. Turut hadir dalam pertemuan Ka Biro Pertanian dan Perkebunan Permatani Sumut, Rismaja Putra, SS, MM, para pengurus Permatani Sumut, Ketua IPEMI Sumut, Hj Yulidar Bugis, SE, beserta seluruh anggota.

Pengetahuan akan budidaya tanaman cabai dinilai penting untuk disebarluaskan ke masyarakat sebagai tindakan nyata untuk merespon dampak kenaikan harga cabai yang belakangan tidak terkendali di pasaran. Selain difungsikan secara umum sebagai salah satu alternatif usaha yang dapat dikembangkan di bidang pertanian dan perkebunan, juga sebagai pengetahuan dasar bagi para ibu rumah tangga untuk memanfaatkan pekarangan yang tersisa di sekitar rumah, sehingga berdayaguna dalam menopang kebutuhan harian keluarga.

“Dengan mengetahui budidaya penanaman cabai ini, diharapkan ke depan akan semakin banyak lahan-lahan terbengkalai yang dapat dimanfaatkan. Demikian pula pekarangan-pekarangan rumah yang belum disentuh. Maka bila terjadi lagi kenaikan harga cabai seperti beberapa waktu lalu, tidak terlampau besar dampaknya bagi masyarakat. Malu kita pada dunia luar bila perekonomian dan kondisi sosial masyarakat harus terguncang oleh harga cabai yang melambung akibat pengaruh cuaca. Sementara mereka yang berada di negara dengan iklim ekstrim mampu bertahan dan menciptakan inovasi baru di bidang pertanian,” ujar Rismaja Putra dalam sambutannya.

Sementara Ketua IPEMI Sumut, Hj Yulidar Bugis, SE, menegaskan bahwa kegiatan pembuka dari kerjasama IPEMI dengan Permatani ini akan disusul dengan agenda strategis lainnya yang bertujuan membangkitkan minat berwirausaha di kalangan anggota IPEMI. Dengan bekal pengetahuan yang diperoleh dari praktisi pertanian yang dihadirkan, kelak akan terbuka kesempatan yang lebih luas untuk mendapatkan pelatihan dan bimbingan yang lebih menyeluruh di bidang pertanian dan perkebunan.

Di lain pihak, Wakil Bendahara Permatani Sumut, Fenty Iska, SH, SPn, optimis dari kerjasama yang terjalin antara kedua organisasi dapat terbangun sinergi yang bermanfaat dalam bidang pembangunan ekonomi dan pertanian.
Ia mengakui bahwa kedua organisasi ini memiliki kesamaan tujuan dalam meningkatkan kemandirian masyarakat secara ekonomi.

Praktisi pertanian, Ir H Djiman, tampil sebagai nara sumber dengan mempraktekkan langsung cara penanaman cabai di hadapan para pengusaha anggota IPEMI Sumut. Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan pembahasan program antar bidang IPEMI Sumut yang berlangsung hingga sore hari. (sdc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *