Hukum

Ditangkap Tim Saber Pungli, Kadisdikbud Taput Terancam Pecat

Sumutdaily | Tapanuli Utara – Pembina Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Sumut, Erry Nurady menegaskan oknum Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Tapanuli Utara (Taput) dan 2 kepala sekolah yang diamankan akan segera dicopot dari jabatannya dan dipecat sebagai oknum PNS.

Hingga kini, Tim Satgas Saber Pungli Mabes Polri dan Tim Satgas Pungli Sumut masih melakukan pemeriksaan terhadap ketiganya yang kini sudah diboyong di Mapoldasu.

“Kalau memang terbukti melakukan tindak pidana korupi dan pencucian uang bisa saja dicopot dari jabatannya juga dipecat sebagai PNS. Tapi masih dilakukan pemeriksaan hingga saat ini,” Erry didampingi Pembina Satgas Saber Pungli Sumut, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Ketua Pelaksana, Kombes Pol Rudi Hartono pada wartawan, Kamis (22/12/2016) di Mapolrestabes Medan.

Lebih lanjut, para pelaku yang diamankan yakni, Kadisdikbud Kabupaten Taput, JP, Kepala SMAN 2 Sipahutar, BS dan Kepala SMAN 1 Pangaribuan, JS.

Modus operandi yang dilakukan para para pelaku yaitu mencairkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang sebelumnya sudah ditransfer ke rekening kedua kepala sekolah. Kemudian dua oknum kepala sekolah itu mencairkannya dan disetor ke Kadisdikbud Taput.

“Dana BOS yang telah disetorkan ke rekening masing-masing kepala sekolah kemudian dicairkan dari bank dan disetor ke Kadisdikbud,” ujarnya.

Barang bukti yang diamankan dari para pelaku yaitu, uang tunai senilai Rp235.445.000, 100 USD dan 200 Yuan beserta 8 buku tabungan. Gubsu mengingatkan pada semua oknum yang berada di instansi pemerintahan agar berhati-hati dan tidak melakukan tindakan korupsi.

“Saat ini tim satgas Saber Pungli Sumut sudah mulai bekerja. Semua harus berhati-hati dan jauhi praktik korup,” tegasnya.

Atas perbuatannya ketiga pelaku dipersangkakan melanggar Pasal 12 Huruf a dan huruf b atau Pasal 11 dan 5 Ayat 1a Pasal 5 ayat 1b, Pasal 13 Undang-Undang (UU) No.31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah UU No.20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No.31 Tahun 1999 dan pasal 3,4, 5 UU No.8 tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Sebelumnya, Kadisdikbud Taput, JP bersama dua orang Kepala Sekolah (Kepsek) ditangkap tim Saber Pungli Mabes Polri dibantu Satgas Saber Pungli Sumut di Jalan DI Panjaitan Tarutung, Rabu (21/12/2016) kemarin.

Kedua Kepsek yang diamankan yakni, Kepala Sekolah SMAN 2 Sipahutar, BS dan Kepsek SMAN 1 Pangaribuan, JS.

Usai diamankan kedua Kepsek langsung digelandang ke Mapolres Taput. Sedangkan JP digiring ke Kantor Disdikbud Taput. Tim Saber melakukan penggeledahan di sana.

Selanjutnya tim kembali menggiring JP ke Mapolres Taput tepatnya di ruang kerja Kapolres. Di Mapolres ketiganya langsung diperiksa secara intensif. Saat ini ketiganya sudah diboyong ke Mapoldasu. (sdc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *