Sumut Today

Paten! Gubernur Sumut Tetapkan Bahorok Dan Tangkahan Sebagai Kawasan Strategis Provinsi

Sumutdaily | Medan – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) T Erry Nuradi mengatakan Bahorok dan Kawasan Ekosistem Leuser di Kabupaten Langkat sebagai kawasan strategis provinsi dari sudut kepentingan fungsi dan daya dukung lingkungan hidup.

Hal itu dikatakan Erry, dalam kesempatan rapat paripurna DPRD provinsi Sumatera Utara, Rabu (30/11/2016) kemarin, dengan agenda jawaban Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) terhadap pemandangan umum anggota Dewan atas nama fraksi-fraksi terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) provinsi Sumatera Utara tahun 2016-2036.

Pernyataan Gubernur Sumut itu terungkap atas pertanyaan fraksi partai Demokrat DPRD provinsi Sumatera Utara yang dibacakan juru bicara, Muhri Fauzi Hafiz. Muhri menyebut bahwa seperti kawasan Danau Toba yang ditetapkan sebagai kawasan strategis provinsi berdasarkan pasal 45 ayat (2) huruf C, maka, bagaimana dengan kawasan lain seperti Tangkahan dan Bahorok yang dalam peraturan pemerintah nomor 50 tahun 2011 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan nasional (KPPN) telah menetapkan kedua kawasan ini sebagai kawasan pengembangan pariwisata nasional berbasis lingkungan.

“Karena Bahorok dengan Bukit Lawangnya dan Tangkahan dengan alamnya sudah masuk sebagai kawasan pengembangan pariwisata nasional maka semestinya dua daerah ini masuk menjadi kawasan strategis provinsi juga, yang berada di wilayah provinsi Sumatera Utara,” kata Muhri Fauzi Hafiz yang juga anggota Fraksi Partai Demokrat asal daerah pemilihan kota Binjai dan kabupaten Langkat.

Menanggapi pertanyaan tersebut, dalam dokumen nota jawaban, terhadap pemandangan umum anggota Dewan atas nama fraksi-fraksi DPRD provinsi Sumatera Utara, Erry mengatakan bahwa kawasan Danau Toba dan sekitarnya merupakan kawasan strategis nasional yang berada di daerah provinsi Sumatera Utara. Hal ini diatur dalam peraturan pemerintah nomor 26 tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.
“Selanjutnya, kami sampaikan bahwa daerah Tangkahan dan Bahorok merupakan bagian dari kawasan strategis provinsi dari sudut kepentingan fungsi dan daya dukung lingkungan hidup, seperti tersebut dalam Ranperda tentang RTRW provinsi Sumatera Utara pasal 48 ayat (2) huruf A,” kata Gubernur Sumut.

Sementara itu, sekretaris lembaga peduli lingkungan hidup atau LSM PEKA Sumatera Utara, Khairuddin mengatakan, bahwa penetapan kawasan Bahorok dan Tangkahan sebagai kawasan strategis provinsi yang tertuang dalam Ranperda RTRW provinsi Sumatera Utara patut disyukuri dan harus ditindaklanjuti dengan aksi nyata membangun daerah Bahorok dan Tangkahan.

“Sebagai salah satu warga yang selalu datang ke Bukit Lawang di Bahorok kabupaten Langkat, saya sangat mengenal daerah ini. Saya bangga Gubsu Tengku Erry Nuradi sudah berkomitmen dalam Ranperda RTRW untuk menetapkan Bahorok dan Tangkahan sebagai kawasan strategis provinsi. Karena, selama ini kita juga tahu dan merasakan bahwa untuk dua daerah ini, perhatian pemerintah pusat dan daerah sangat kurang. Padahal kedua kawasan ini sudah masuk dalam kawasan pengembangan pariwisata nasional,” katanya.

Khairuddin pun mengakui bahwa penetapan sebagai kawasan strategis provinsi ini, merupakan satu hal yang patut diapresiasi positif dengan menjaga dan melestarikan selalu lingkungan alam yang sangat asri di dua kawasan ini. “Saya dan masyarakat siap mendukung Gubsu Tengku Erry Nuradi, untuk membangun kawasan Bahorok dan Tangkahan yang kami banggakan di kabupaten Langkat ini,” ujar Khairuddin yang juga aktif dalam kegiatan peduli lingkungan hidup Internasional, kepada wartawan melalui pesan BBM, Minggu (4/12/2016). (Buya Soraya/Ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *