Sumut Today

Wanita Cantik Ini Rela Mengorek Parit Bersama Warga Medan Selayang. Siapakah Dia?

Sumutdaily | Medan – Sabtu (3/12/2016) pagi, warga Jalan Pembangunan, Kelurahan Padang Bulan Selayang I, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan melakukan gotong royong. Laki-laki dan perempuan mengorek parit menggunakan cangkul.

Di antara mereka terdapat seorang wanita cantik. Menggunakan pakaian olahraga dan bersepatu kets, wanita berjilbab ini tak sungkan memegang cangkul dan mengangkati sampah dari dalam parit. Rumput-rumput yang tumbuh di sepanjang pinggir parit juga dicangkul hingga terlihat bersih. Siapakah dia?

Wanita itu ternyata Hj Rita Maharani. Ketua Tim Pembinaan PKK Kota Medan ini turun langsung bersama warga melakukan gotong royong membersihkan parit di Jalan Pembangunan Medan.

Bersama sang suami yang juga Walikota Medan HT Dzulmi Eldin, Hj Rita berbaur bersama warga melakukan pembersihan parit. Tak ketinggal TP PKK Kecamatan Medan Selayang turun bahu membahu membersihkan parit.

Tidak hanya itu, Rita juga meratakan tanah di pinggiran Sungai Putih serta melakukan penanaman pohon untuk menghijaukan kembali bantaran sungai.

Kehadiran Eldin dan Rita Maharani menambah semangat warga dalam bergotong royong. Apalagi Walikota langsung memerintahkan Kadis Bina Marga Kota Medan, Khairul Syahnan menurunkan alat berat untuk mendukung pengorekan Sungai Putih.

Tidak lama berselang mini escavator dan spider escavator tiba di lokasi. Pengerukan Sungai Putih pun dilakukan di bawah amatan langsung Walikota dan Kadis Bina Marga. Selama ini telah terjadi pendangkalan akibat sendimentasi yang parah. Dengan menggunakan alat berat pekerjaan pun menjadi lebih mudah dan cepat.

Selain melakukan pengerukan Sungai Putih, petugas Dinas Bina Marga juga menormalisasi parit yang sudah tertutup tanah yang lokasinya berseberang dengan sungai. Dengan alat berat yang diturunkan, keadaan parit tersebut pun normal kembali.

Selain menambah semangat dan kegembiraan, kehadiran Eldin dan Rita Maharani juga dimanfaatkan warga untuk meminta berfoto bersama. Permintaan warga usai gotong royong ini pun dengan senang hati dikabulkan oleh Eldin dan Rita Maharani.

Usai gotong royong, Eldin mengharapkan, ibu-ibu TP PKK terus proaktif mengajak dan bersama warga bergotong-royong membersihkan lingkungan, minimal seminggu sekali sehingga kebersihannya selalu terjaga.

“Pemko sangat mengapresiasi peran ibu-ibu PKK dalam berpartisipasi menggerakkan warga bergotong royong. Kita harapkan, aksi ibu-ibu PKK dan warga ini dapat diteladani oleh komponen masyarakat lain. Dengan demikian, gotong-royong kembali menjadi budaya di tengah-tengah masyarakat,” kata Eldin.

Eldin juga mengimbau agar warga dapat menjaga hasil gotong royong ini dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan dan kian menyuburkan rasa memiliki terhadap kota ini. Untuk itu Elduin minta Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis, lurah dan kepala lingkungan terus melakukan pengawasan.

Sementara itu Hj Rita Maharani menambahkan, gotong royong ini dilakukan sebagai wujud kepedulian dan dukungan kepada Pemko Medan untuk menjadikan Kota Medan lebih bersih.

“Melalui TP PKK yang ada di kecamatan dan kelurahan, kita menggelorakan kembali semangat gotong royong. Insya Allah jika kita rutin melaksanakan gotong royong, maka Kota Medan akan lebih bersih lagi ke depannya,” ungkap Hj Rita.

Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Wali Kota dan Ketua TP PKK ikut gotong royong bersama warga. “Terus terang kehadiran Pak Wali dan Ketua TP PKK membuat warga semakin bersemangat bergotongroyong. Seluruh jajaran Kecamatan Medan Selayang sudah bertekad menjadikan gotong sebagai kegiatan rutin setiap minggunya,” ujar Sutan. (susilo/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *