Ekonomi

Spin Off Unit Usaha Syariah Bank Sumut Strategi Bisnis Yang Paten

Sumutdaily | Medan – Tahun 2018 yang akan datang PT Bank Sumut harus segera melakukan spin off (pemisahan) unit usaha syariah menjadi Bank Umum Syariah. Spin off diakui merupakan terobosan yang cukup baik dalam upaya mengembangkan bisnis Bank Sumut di pangsa pasar perbankan syariah nasional. Sebab kebutuhan umat Islam akan layanan perbankan berpola syariah masih besar.

Anggota Komisi C DPRD Sumatera Utara, Muhri Fauzi Hafiz mengatakan, seharusnya upaya spin off untuk unit usaha syariah PT Bank Sumut sudah lebih awal dilakukan jangan menunggu sampai tahun 2018.

“Saya pikir PT Bank Sumut harus segera melakukan spin off untuk menyahuti kebutuhan umat islam akan layanan perbankan syariah, bahkan seharusnya tahun 2017 mendatang proses spin off tersebut sudah berjalan,” katanya.

Sebelumnya, direktur utama PT Bank Sumut Edi Rizlyanto mengatakan, manajemen PT Bank Sumut sudah menyusun rencana kerja untuk spin off unit usaha syariah yang dimiliki. Rencana itu dalam perkiraannya terwujud di tahun 2018. “Untuk spin off persyaratan utama adalah kecukupan modal. Sebagai induk dari unit usaha syariah, PT Bank Sumut harus memiliki modal diatas 2 triliun rupiah dan unit usaha syariah harus memiliki kecukupan modal mencapai 500 milyar rupiah,” ujarnya saat mengikuti rapat bersama komisi C di gedung Dewan, Selasa (29/11/2018).

Dalam rapat bersama antara PT Bank Sumut, Biro Perekonomian dan Komisi C DPRD Sumatera Utara tersebut, disepakati bahwa proses spin off merupakan program pengembangan bisnis PT Bank Sumut yang harus direalisasikan. Untuk itu kepada jajaran direksi dan komisaris diminta untuk segera menyampaikan rencana pendukung bagi program tersebut kepada gubernur dan pemegang saham lainnya. Dalam rapat yang dipimpin oleh ketua komisi C DPRD Sumatera Utara, Zeira Salim Ritonga, disebutkan tahun 2018 unit usaha syariah akan menjadi bank umum syariah. (Buya Soraya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *