Sumut Today

Gubernur Sumut Dapat Gelar Tongku Parlaungan Harahap

Sumutdaily | Medan – Tokoh adat Padang Lawas Utara memberikan gelar Tongku Parlauangan Harahap kepada Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi. Pemberian gelar itu dilakukan pada acara peresmian Kantor Bupati Padang Lawas Utara yang terletak di di Jalan Lintas Gunung Tua-Psp, Km 4, Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Padang Lawas Utara, Sumatera Utara, Rabu (23/11/2016).

Penganugerahan gelar itu sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada Gubernur Sumatera Utara yang memberikan perhatiannya kepada masyarakat Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) khususnya masyarakat kabupaten Padang Lawas Utara ditandai dengan pemberian Happu dan Ulos oleh Bupati dan Tokoh Adat Padang Lawas Utara serta manortor (menari).

Gubsu mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada pemerintah kabupaten dan tokoh-tokoh adat serta seluruh masyarakat Padang Lawas Utara atas pemberian gelar kepadanya. Gubsu berharap dengan pemberian gelar ini akan meningkatkan silaturahmi pemerintah provinsi Sumatera Utara dengan masyarakat Kabupaten Padang Lawas Utara. “Yang terpenting kehadiran saya di Kabupaten Paluta untuk meningkatkan silaturahmi kepada masyarakat. Mulai hari ini Gubernur Sumut bermarga Harahap,” kata Erry.

Dikatakan Gubernur Sumut, pemberian gelar ini merupakan cambuk bagi Pemprovsu untuk lebih memperhatikan lagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Padang Lawas Utara. “Kita jadikan momen ini untuk lebih bersinerji demi kemajuan daerah Paluta dan Sumut,” ujar Gubsu.

Bupati Paluta Bachrum Harahap mengatakan pemberian marga karena gubsu merupakan bentuk antusiasme masyarakat atas respon kepedulian Gubsu terhadap masyarakat Tabagsel, khususnya Paluta. “Ini merupakan kesepakatan dengan tokoh adat Padang Lawas Utara dan masyarakat Paluta,” ujar Bachrum.

Pada kesempatan itu Bachrum juga menyampaikan keinginan pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara untuk menghibahkan lahan induk kurang lebih 47 hektare yang merupakan aset Pemprovsu yang ada di Kabupaten Paluta untuk dijadikan perguruan Tinggi Negeri. “Kami harapkan dukungan dari Pemprovsu agar Perguruan Tinggi Negeri akan segera berdiri di Tabagsel,” harap Bachrum.

Untuk lebih meningkatkan pembangunan di Paluta dan Sumut Bachrum juga berjanji akan menyediakan lahan sekitar 5 hektar untuk membangun SMA Plus. “Pemkab Paluta mendukung sepenuhnya program pemerintah pusat dan provinsi Sumut. Diharapkan Gubsu dapat beri dukungan untuk berdirinya SMA Plus di Paluta.” Harap Bachrum.

Pada kesempatan itu juga Gubsu memberikan bantuan Alsintan dan benih padi kepada para petani dan kelompok tani dibkabupaten Padang Lawas Utara. (Sugandhi Siagian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *