Pendidikan

Pemko Medan Terima Mobil Perpustakaan Keliling

Sumutdaily | Medan – Pemerintah Kota Medan menerima satu unit mobil perpustakaan keliling, sekaligus peluncuran Perpustakaan Digital iMedan, Senin (21/11/2016) di Kanor Perpustakaan Kota Medan. Kunci mobil diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI Drs Dedi Djunaidi kepada Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin disaksikan anggota DPR-RI komisi X dr Sofyan Tan, dan Direktur Utama Aksaramaya Sulasmo.

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin mengatakan, perpustakaan umum salah satu perangkat penyelenggaraan pendidikan non formal berupaya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa yang dimanatkan oleh UUD 1945. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, pemerintah Kota Medan berupaya meningkatkan layanan melalui perpustakaan keliling dan penyebaran infomasi perpustakaan digital melalui Medan.

Menurut Walikota Medan, hal ini dimaksud sebagai pemerataan layanan informasi dan bahan bacaan kepada masyarakat sampai daerah terpencil yang belum memungkinkan adanya perpustakaan permanen, memberikan alternatif media berjejaring di dunia digital berbasis konten, mengembangkan budaya baca kepada masyarakat, mengenalkan buku-buku dan bahan pustaka baik cetak maupun digital lainnya kepada publik.

“Dalam rangka meningkatkan kulitas sumber daya manusia dan menciptakan masyarakat terdidik dan terpelajar sehingga mampu mengikuti peristiwa dan perkembangan di era globalisasi, pemerintah Kota Medan memberikan layanan penyediaan informasi kepada masyarakat antara lain dengan menyediakan layanan perpustakaan umum dan perpustakaan cabang di masing-masing kelurahahn dan kecamatan,“ ujar Walikota Medan.

Walikota Medan menambahkan, perpustakaan digital iMedan merupakan konsep dari sebuah perpustakaan digital yang menyatukan user, buku dan tehnologi untuk membudayakan membaca di kalangan masyarakat. Aplikasi ini dirancang sedemikian rupa untuk memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat sehingga menyatukan masyarakat dalam sebuah komunitas membaca secara digital atau cyber society.

Sekretaris Utama Perpustakaan RI Drs Dedi Djunaidi mengatakan, pemberian mobil perpustakaan keliling ini merupakan yang kedua kali di Kota Medan. Satu unit mobil petrpustakaan keliling ini merupakan anggaran tahun 2016 dimana mobilnya akan dikirim ke Kota Medan pada awal Desember 2016 ini. Ini semua adalah berkat dorongan dari anggota DPR-RI Komisi X dr Sofyan Tan.

Selain satu unit mobil perpustakaan keliling juga diserahkan berbagai jebis bahan buku bacaan. Perpustakaan nasional mendekatkan perpustakaan untuk masyarakat agar masyarakat dapat membaca dan menambah wawasan.
(Sugandhi Siagian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *