Sumut Today

Sekdaprovsu Ajak Pengelola Salurkan Zakat Jujur dan Adil

Sumutdaily | Medan – Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Hasban Ritongga mengajak pengelola zakat di Sumatera Utara menyalurkan zakat secara adil dan jujur kepada masyarakat yang membutuhkan demi kemaslahatan ummat. Hal itu dikatakannya pada acara pertemuan pengelola zakat bersama Sekda Kabupaten/kota se Sumut, Jumat (4/11/2016) di ruang rapat Kenanga Lantai 8 Kantor Gubsu Jalan Dipenegoro Medan.
 
Hadir pada acara tersebut Ketua Baznaz Prov Sumut Armansyah Nasution, Direktur Koordinator Baznaz RI Nasir Tajang, wakil Kanwil Kementerian Agama Zaharuddin, Kabiro Hukum Sekdaprovsu Sulaiman, serta para Sekda kabupaten/kota se Sumut.
 
Hasban menyakini sekaligus memberi motivasi agar pegelolaan zakat di daerah bisa disalurkan dengan adil dan jujur. Ini sesuai dengan UU No 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat dan peraturan pemerintah no 14 tahun 2014 tentang pelaksanaan UU nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat.
 
“Ini kesempatan kita untuk memperoleh amalan dan kita yakin Allah akan membalas segala perbuatan baik kita. Maka mari kita kelola zakat sesuai dengan peraturan dengan adil dan jujur,” katanya sembari memotivasi para Sekda.
 
Selain itu Hasban juga menjelaskan pengelolaan zakat sangat bermanfaat untuk pembangunan di Sumut. “Meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan penanggulan kemiskinan,” paparnya. 
 
Untuk kepentingan inilah Pemprovsu mengadakan pertemuan dengan sekda kabupaten/kota. 
 
Hasban meminta agar Pemkab dan Pemko segera melakukan percepatan pembangunan pimpinan baznas kabupaten/kota. Pemkab dan pemko akan membantu biaya operasional baznas sesuai dengan kemampuan dana yang tersedia. Serta memfasilitasi Baznaz kabupaten/kota dengan mempersiapkan/menetapkan operator pelaksanaan Simba yang telah dilatih Baznas Sumut.
 
Hal senada juga dikatakan Ketua Baznas Sumut Armansyah Nasution, bahwa dari 33 kabupaten/kota baru 2 yang sudah pengurus/pengelolah baznas yakni Medan dan Langkat.
 
Menurutnya program Baznas adalah sejalan dengan program pemerintah Provinsi Sumut Taqwa, Peduli, Sehat, Cerdas dan Sumut makmur, yang nyata mendistribusikan dan mendayagunakan zakat untuk kepentingan masyarakat miskin dan secara bertahap dapat mensejahterakan masyarakat.
(Sugandhi Siagian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *