Ekonomi

Ditetapkan Jadi Tersangka, Eks Menkes Siti Fadilah: Aneh Kok Tiba-tiba

Sumutdaily | Jakarta – Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah Supari menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus suap pengadaan alat kesehatan (alkes) di Kemenkes. Siti pun mengeluh tentang status tersangka yang disematkan padanya.
 
Menurut Siti, dia dituduh menerima Mandiri Travelers Cheque (MTC), tanpa tahu siapa pemberinya dan tanpa bukti.
 
“Kalau memang bukti sudah ada, saya harusnya jadi tersangka. Ini aneh tiba-tiba saya jadi tersangka. Padahal permasalahannya sudah lima tahun lalu. Selama ini tidak ada bukti atau tidak ada temuan baru,” kata Siti di KPK, Senin (24/10/2016) seperti dikutip dari detik.com.
 
Sebelumnya Siti mengajukan gugatan praperadilan terkait status tersangka yang disematkan padanya. Siti merasa ingin tahu, bagaimana sebenarnya proses penetapan tersangka itu.
 
Namun pada Rabu 12 Oktober lalu, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak gugatan praperadilan yang diajukan Siti.
 
“Ya praperadilan itu sebetulnya kita menuntut bagaimana prosedurnya kok saya tiba-tiba jadi tersangka. Saya tidak pernah menjadi saksi dari kasus yang ini, jadi hanya karena pada keputusan salah satu satu kasus tahun 2012. Nah mestinya saya harus diklarifikasi dulu baru menjadi tersangka. Tapi ini langsung saja,” kata Siti.
 
Siti diduga melakukan tindak pidana korupsi yaitu menerima pemberian atau janji dalam kegiatan pengadaan alat kesehatan untuk kebutuhan Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan dari dana DIPA revisi APBN Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan tahun 2007.
 
Siti dijerat KPK dengan Pasal 12 huruf b atau Pasal 5 ayat (2) jo Pasal 5 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *