Sumut Today

Romusha Tanam Mangrove di Jaring Halus

Sumutdaily | Secanggang ~ Rombongan Owner Musang Stabat Happy (Romusha) Regional Langkat, melaksanakan kegiatan peduli lingkungan hal itu diwujudkan dengan menanam mangrove di Desa Jaring Halus Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat.

Kegiatan penanaman mangrove tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap program “Penanaman 1 Milyar Pohon” yang dicananangkan oleh pemerintah, dan juga mendukung gathering nasional yang ke-5 yang akan dilaksanakan di Tangerang Selatan, Banten 7-8 Oktober 2016,” ini disampaikan Ketua Romusha Regional Langkat Ryan Anasta, di Jaring Halus.

“Selain memelihara Musang kami juga peduli terhadap lingkungan terutama daerah pesisir agar mangrove tetap lestari,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Korda Sumut, Muhammad Said didampingi Sekretaris M. Salim, yang keduanya merupakan Kader Konservasi Alam Nasional, menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Romusha dalam upaya melestarikan lingkungan terutama mangrove karena dengan adanya kegiatan semacam ini dapat menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan baik dalam pelestarian fauna maupun flora.

“FK3I Korda Sumut siap memfasilitasi bibit mangrove bagi masyarakat yang mau menanam, yang penting benar-benar ditanam dan dirawat, jangan hanya seremonial belaka, dan kami juga siap membantu menanamnya,”katanya.

Romusha yang berdiri tahun 2014 itu merupakan kumpulan anak muda yang menyukai hewan Musang yang keberadaannya terus diburu, dan untuk melestrikan hewan yang kerap disebut hama itu para pencinta Musang berkumpul membentuk wadah yang dilengkapi dengan pengurus dan instruktur.

Diakui oleh Ryan Anasta awal terbentuknya Romusha karena para member (anggota) punya hobby yang sama yaitu melestarikan hewan Musang dan untuk menjadi member tidak harus memiliki hewan Musang, menyukai saja sudah bisa menjadi member.

Pembina Romusha Regional Langkat,  Siti Aisyah mengatakan untuk program peduli lingkungan dan penanaman mangrove ini tidak hanya sekali, tapi ini merupakan awal dan kedepannya Romusha akan melaksanakan lagi dalam skala yang lebih besar yaitu regional Sumatera Utara.

“Kami merasa apa yang kami lakukan hari ini belum seberapa, dan kami akan berbuat dalam skala yang lebih besar lagi,”katanya.

Saat ini member Romusha ada 74 orang, dengan jumlah Musang 68 ekor, dari berbagai jenis diantaranya, Musang Bulan khas Sumatera, Musang Akar Sumatera, Musang Akar Jawa, Garangan Sumatera dan Otter.  {DNA/Johannes Luk}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *