Kesehatan

Waspadai dan Kenali Kanker Pada Anak Sejak Dini

Laporan : Arie Woro

ilustrasi penyakit kankerSumutDaily.Com|Medan. Menyadari pentingnya deteksi dini kanker pada anak, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk., (Alfamart) bekerja sama dengan Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) menyelenggarakan penyuluhan kanker pada anak, Sabtu (14/5/2014), di Rumah Albi Stasiun Marindal. Acara tersebut menghadirkan Prof Dr Bidasari Lubis, Sp.A(K) sebagai narasumber.
Dalam penyuluhan yang dihadiri mayoritas oleh kaum ibu, materi yang dibahas mengenai dua jenis kanker pada anak, yakni kanker bola mata (retinoblastoma) dan kanker darah (leukimia).
Materi yang diberikan antara lain perbedaan antara tumor dan kanker, cara mengenali gejala kanker, langkah pengobatan saat anak dinyatakan menderita kanker serta mengenal salah satu jenis pengobatan kanker, yakni kemoterapi.
Menurut Prof Dr Bidasari, kanker pada anak berbeda dengan kanker yang dijumpai pada orang dewasa, karena kanker pada anak tidak dapat dicegah, sementara pada orang dewasa dapat dicegah.
“Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui dan mewaspadai gejala kanker pada anak, karena hingga dari sekian banyak kanker, hinga kini baru satu jenis kanker anak yang dapat dideteksi yakni kanker bola mata atau retinoblastoma,” ungkapnya.
Menurutnya, langkah deteksi dini sangat penting untuk dilakukan karena dapat membantu menemukan kanker pada stadium awal, agar para orang tua dapat segera mengambil tindakan sehingga kemungkinan untuk sembuh lebih besar dibandingkan jika baru ditemukan pada stadium lanjut.
Prof Dr Bidasari menganjurkan kepada orang tua agar menjaga kesehatan anak dengan memberikan makan dengan pola gizi seimbang, mengikuti program imunisasi, menjauhkan diri dari rokok.
“Memang hal tersebut bukan bertujuan untuk mencegah kanker yang timbul pada anak-anak, namun untuk mencegah agar pada saat anak menginjak usia dewasa, mereka dapat terhindar dari berbagai jenis kanker yang biasanya menyerang orang dewasa,” tambahnya
Corporate Communication General Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk., Nur Rachman mengatakan, tujuan dilaksanakan penyuluhan yakni meningkatkan pengetahuan tentang penyakit kanker pada anak.
“Kegiatan ini merupakan pengabdian Perusahaan bagi masyarakat sekitar. Kami berharap masyarakat memahami tentang bahaya kanker sehingga dapat menghindari kemungkinan terkena kanker, serta tindakan apa yang harus dilakukan untuk membantu keluarga, teman atau kerabat yang menderita kanker. Kami juga ingin keberadaan Toko kami memiliki banyak manfaat khususnya bagi masyarakat sekitar toko,” ungkap Nur Rachman.(sdc/sb)

Foto : Net/Ilustrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *